Skip to main content

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Semester 1 dan 2 Th 2023/2024

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Semester 1 dan 2 Th 2023/2024
Berikut ini blog Central Pendidikan akan membagikan RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2023/2024 dengan harapan untuk melengkapi perangkat pembelajaran / administrasi guru selama 1 tahun pelajaran (semester gasal dan semester genap).  

Pemberlakuan sistem pembelajaran secara online, dalam semua kegiatan pembelajaran. Alasan terbesarnya adalah semakin besar pandemi yang menimpa dunia, sampai di tanah air kita.

Pemerintah juga mulai memberlakukan perubahan besar - besar an, agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Walau banyak sekali yang dikorbankan. Salah satu Surat Keputusan yang dibuat adalah penyederhanaan susunan RPP menjadi 1 lembar / satu halaman. 

Agar lebih efisien, dan efektif untuk pembelajaran yang dilakukan secara online. Dan juga meminimalisir mobilitas guru dalam melengkapi administrasi. Agar dapat memaksimalkan tenaga dan pikiran untuk pengajaran siswa didiknya.

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Semester 1 dan 2

RPP adalah rencana pelaksanaan pembelajaraan yang disusun oleh masing masing guru sebagai acuan pembelajaran di kelas, baik daring maupun luring. Berdasarkan mata pelajarannya yaitu Bahasa Indonesia diharuskan RPP 1 lembar memuat tiga komponen :
  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Kegiatan Pembelajaran
  3. dan Penilaian
Sebagaimana yang anda ketahui sebelumnya, terutama untuk bapak/ibu guru senior. Bahwa komponen susunan RPP terdiri dari 13 komponen, untuk model lama. Dalam pembuatannya dibutuhkan waktu  yang sangat lama, belum lagi tenaga dan uang dikeluarkan untuk print out RPP tersebut. 

Padahal seharusnya waktu tersebut bisa lebih difokuskan pada kegiatan belajar, persiapan, dan evaluasi pembelajaran siswa.

Maka dari itulah, pemerintah segera meresmikan penyederhanaan RPP, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019. 

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Semester 1 dan 2 Th 2023/2024


Dari sekian banyak Perangkat Pembelajaran, RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi merupakan perangkat yang wajib disusun secara baik. Karena berkaitan langsung dengan kegiatan belajar siswa, untuk pertemuan pertama sampai dengan pertemuanterakhir.

Banyak yang mengisyaratkan bahwa istilah 1 Lembar merupakan isi keseluruhan RPP, untuk semua materi. Tetapii sebenarnya RPP 1 Lembar disesuaikan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman,- SE Mendikbud No. 14 Tahun 2019. 

Artinya bapak/ibu harus membuatnya sesuai dengan materi dan indikator yang sesuai, berkaitan dengan kurikulum 2013 revisi. Maka dari itulah, dibutuhkan contoh untuk menyusun RPP. 

Ada yang berbayar dan juga ada yang gratis.

Guna memberikan bapak/ibu guru contoh RPP 1 Lembar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia , admin centralpendidikan.com akan membagikannya dalam format
 microsoft word, agar bisa di edit sesuai dengan nama sekolah, kepala sekolah, guru pengajar, dan SMA dimana guru mengajar untuk kegiatan pembelajaran kelas XI semester 1 dan semester 2.

Bagi anda yang ingin mengunduhnya, silahkan kunjungi tautan berikut ini : 
  • RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Semester 1 docUNDUH
  • RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Semester 2 docUNDUH

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Lainnya

Sebagai persiapan bagi teman atau kerabat yang memiliki jabatan guru, bisa dibagikan RPP 1 Lembar Kelas 11 Semester 1 dan Semester 2 mata pelajaran lainnya.
Demikian artikel yang berjudul tentang "RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Semester 1 dan 2 Th 2023/2024" Terbaru yang dibagikan centralpendidikan. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru pengajar terkait untuk kegiatan pembelajaran, baik daring maupun luring. Terima kasih..
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.