Skip to main content

Tema & Logo HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

Tema & Logo HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh
Centralpendididikan.com - Dua bulan menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tepatnya pada tanggal 17 Juni 2021, pemerintah sudah mengumumkan Tema dan Logo HUT RI ke-76 Tahun 2021. Tema utama HUT Kemerdekaan RI kali ini adalah "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". 

Latar Belakang


Dalam rangka menyemarakkan Peringatan HUT RI ke-76 Tahun 2021, Panitia Pelaksana Peringatan memerlukan logo dan tema sebagai identitas tunggal. Seperti halnya tahun sebelumnya.

Untuk pengimplementasian logo & tema sebagai identitas tunggal tersebut, maka perlu ditetapkan pedoman penggunaan desain logo dan tema HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021. 

Pedoman ini menjadi panduan bagi masyarakat untuk dapat mengimplementasikan desain logo dan tema pada berbagai FORMAT MEDIA. Pedoman identitas visual ini beserta template visual lainnya seperti spanduk, poster, postingan sosial media dapat diunduh secara bebas pada website Kementerian Sekretariat Negara. Dan centralpedidikan.com cuma meneruskannya.

Filosofi Logo


Logo Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini, yaitu 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.' Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. 

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Tema & Logo HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

Logo dan Tema HUT Kemerdekaan RI ke-76
Sebagaimana yang telah diketahui bahwa pembentukan Tema & Logo HUT Kemerdekaan RI selalu berbeda dari tahun ke tahun. Dan untuk tahun 2021 terdapat 4 makna dasar di dalam perincian pembuatan logo.

#1. Makna Pertama yaitu Stabilitas dan Pembangunan, 

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk ini melambangkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

#2. Makna Kedua yaitu Gerak dan Pertumbuhan, 

Bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang & roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

#3. Makna Ketiga yaitu Ruang Kebersamaan, 

Bentuk ini diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu dapat diasosiasikan bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

#4. Makna Keempat yaitu Persatuan dan Harapan, 

Bentuk 'lingkaran' merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia.

Selengkapnya untuk soft file, kamu bisa klik tautan berikut ini untuk mengaksesnya :

Logo HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 - UNDUH

Demikian artikel tentang Tema & Logo HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Terima Kasih.

Kata kunci terkait :
- Logo HUT RI ke-76 Vektor, PNG, Jpeg
- Banner HUT Kemerdekaan RI ke-76 
- Pamflet HUT Kemerdekaan RI 2021
- Contoh Umbul - umbul HUT RI ke-76
- Poster HUT RI Kemerdekaan ke-76 Tahun 2021
- Billboard HUT RI Kemerdekaan ke-76 format PNG
- Spanduk HUT RI Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.