Skip to main content

Soal CPNS 2023 : Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasan Lengkap

Soal CPNS 2023 : Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasan Lengkap
Soal CPNS 2023 : Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasan Lengkap - Halo, selamat datang. Pada kesempatan ini admin akan membagikan artikel Latihan Soal CPNS TKP 2023 disertai pembahasan lengkap untuk referensi belajar, khususnya bagi Bapak / Ibu pejuang gelar ASN.

Sebagaimana yang diketahui, Pendaftaran CPNS 2023 resmi dibuka kembali oleh pemerintah, pada tanggal 1 Juli 2023 kemarin. Dengan penetapan formasi sebanyak 676.733 jumlah lowongan CPNS dan PPPK.

Berdasarkan SE BKN Nomor 5587/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang Jadwal Pelaksanaan Penerimaan CPNS dan PPPK Non Guru Tahun 2023, Tes Seleksi Kompetensi Dasar akan diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus - 4 Oktober 2023

Sedangkan untuk PPPK Nonguru diadakan setelah hari pelaksanaan SKD di masing - masing daerah.

Tes Karakteristik Pribadi

Soal TKP CPNS dan Pembahasan

Tes Karakteristik Pribadi adalah tes CPNS dengan tujuan melihat kepribadian peserta, seperti halnya tes wawancara kerja bersifat psikotes. Materi TKP meliputi pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi, dan lainnya. Jumlah soal TKP CPNS sebanyak 35 butir.

TKP dikategorikan masuk ke Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kedua jenis tes lainnya ialah Tes Integelensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). 

Permenpan RB No. 27 Tahun 2023 PDF adalah dokumen yang wajib dimiliki peserta, demi memperdalam kisi kisi materi TKP CPNS tahun 2023, UNDUH DISINI

Pembelajaran jauh hari sebelum ujian adalah faktor penting lolos tes CPNS 2023. Membeli buku latihan CPNS, mengikuti try out online, memanfaatkan mesin pencarian google, dan selalu update informasi Passing Grade SKD CPNS 2023.

Passing Grade adalah standar Badan Kepegawaian Negara mengenai batas nilai ambang batas minimal, sesuai dengan jenis tes masing - masing (TIU, TWK, TKP).

Passing grade CPNS 2023 untuk ujian TKP akan ditentukan sebelum pelaksanaan ujian SKD, sampai sekarang belum diterbitkan secara resmi informasi tersebut. Jadi disarankan untuk selalu mengeceknya di laman web sscasn.bkn.go.id.

Soal CPNS 2023 : Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasan Lengkap


Seperti tahun - tahun kemarin, Ujian CPNS di tahun 2023 sekarang tetap menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Walau pun saya pikir, bagi peserta sudah bukan hal yang baru. 

Terutama di masa pandemi Covid-19 yang menganjurkan WFH di semua kegiatannya. 

Saya yakin kebanyakan peserta CPNS tahun ini bisa memanfaatkan teknologi dalam mencari referensi dan materi CPNS 2023 secara gratis. Diantaranya mengakses laman CentralPendidikan, untuk mencari soal latihan dan try out TKP CPNS : 
  • Soal CPNS 2023 : Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasan Lengkap PDF, DOWNLOAD

Download Kumpulan Soal CPNS Lainnya


Selain soal CPNS TKP, tersedia juga kumpulan soal ASN (CPNS dan PPPK) untuk minor materi lainnya, di semua formasi.

Silahkan unduh soal - soal tersebut dengan mengaksesnya pada tautan di bawah ini : 
  • Soal CPNS 2023 : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), UNDUH
  • Soal CPNS 2023 : Ebook CPNS PDF, UNDUH
  • Soal PPPK / P3K 2023 dan Kunci Jawaban, UNDUH
  • Soal CPNS 2023 : Psikotes, UNDUH
  • Soal CPNS 2023 : Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), UNDUH
  • Soal CPNS 2023 : Tes Intelegensi Umum, UNDUH
  • Soal CPNS 2023 : Tes Karakteristik Pribadi, UNDUH
  • Soal CPNS 2023 : Tes Wawasan Kebangsaan, UNDUH
Demikian artikel tentang Soal CPNS 2023 : Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasan Lengkap yang CentralPendidikan bagikan, sekiranya bermanfaat untuk bapak / ibu dalam perjuangan mendapatkan gelar ASN. Bismillah...
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.