Skip to main content

Download Soal dan Jawaban KSM MTS Lengkap 2023 Terbaru

Download Soal dan Jawaban KSM MTS Lengkap 2023 Terbaru
Soal KSM MTs Terbaru Tahun 2023 dapat bapak/ibu guru madrasah download secara gratis. Guna persiapan KSM yang dimulai sejak bulan juni kemarin semua mapel kompetisi yaitu IPA, IPS, dan Matematika. .

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Kemenag sebagai wahana membangun semangat kompetisi sains di kalangan siswa jenjang sekolah (Madrasah Tsanawiyah / MTs). Sudah digelar semenjak tahun 2012, dan terdapat perubahan terhadap sistem materi KSM dengan menggabungkannya pada konteks nilai-nilai Islam.

Materi KSM IPA, IPS, dan Matematika MTs 2023 terintegrasi keagamaan islam adalah mengenai Al quran hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, dan Aqidah Akhlak.

Download Soal dan Jawaban KSM MTS

Menilai dari keadaan Pandemi COVID-19 di tahun 2023 masih menetapkan pembelajaran secara daring, begitu pun berdampak pada kompetisi ini. Meskipun begitu pemerintah tidak menunda atau bahkan membatalkan, asal tetap memperhatikan Prokes dan ketentuan di bawah ini :
  • secara daring untuk tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. 
  • sedangkan untuk KSM Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring di setiap kanwil atau tempat yang ditunjuk oleh kanwil Provinsi

Download Soal dan Jawaban KSM MTS Terbaru 2023 Lengkap Gratis


Soal KSM MTs 2023 dibagikan dalam format PDF, merupakan contoh soal untuk tujuan latihan persiapan peserta didik madrasah tsanawiyah (MTs) menghadapi tahapan seleksi menuju KSM nasional, atau bahkan jadi juara.

Pasalnya terdapat 4 tahapan agar bisa lolos ke final yaitu KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, dan KSM Nasional.

Dan untuk itu sangat dibutuhkan bantuan berupa guru pendamping serta latihan maupun try out pengerjaan naskah asli soal KSM MTs tahun lampau.

Untuk mendownloadnya silahkan klik tautan di bawah ini :
Diharapkan latihan soal KSM ini bisa bermanfaat untuk guru madrasah serta siswa madrasah. Serta mendapat hasil yang diharapkan, sebagaimana yang terlampir pada SK Dirjen Nomor 2973 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) TAHUN 2023 yaitu : 
  1. Berkembangnya bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains
  2. Siswa madrasah memiliki motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilainilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya
  3. Berkembangnya budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah
  4. Terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat internasional
  5. Menghasilkan siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya
Demikian artikel tentang Download Soal dan Jawaban KSM MTS Lengkap 2023 Terbaru. Terima kasih
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.