EP0Ev1mS2LCYh8oLG2i1SwNllaQCNPsycvvd75zN
√ Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Terbaru Tahun 2021

√ Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Terbaru Tahun 2021

Centralpendidikan.com - Keseluruhan soal USBN bahasa indonesia SMA yang dibagikan pada artikel ini berasal dari arsip naskah soal USBN tahun 2019 kemarin. Dengan mengacu pada standar kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013.

Naskah soal yang pihak kami bagikan ini bisa kamu gunakan sebagai sumber pelajaran dan referensi dalam menghadapi ujian mendatang.

√ Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Terbaru Tahun 2021

Soal USBN Bahasa Indonesia SMA

Diharapkan Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Terbaru 2021 ini bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Selamat mengerjakan...

1.   Bacalah teks berikut!
Asma Nadia lahir di Jakarta pada tanggal 26 Maret 1972 dikenal sebagai seorang novelis. Karya yang dihasilkannya tidak hanya dalam bentuk cerpen, tetapi juga dalam bentuk puisi dan lirik lagu. Karyanya berupa album Besatari yang terdiri 3 seri, cerpen berjudul Koran Gondrong dan Imut yang mampu mengantarkannya menjuarai Lomba Menulis Cerita Pendek Islami (LMCPI) pada tahun 1994 dan 1995 yang diselenggarakan oleh majalah Annida.  Salah satu bukunya yaitu Rembulan di Mata Ibu menjadi pemenang dalam kategori Buku Remaja Terbaik tahun 2001. Selain itu, Asma juga berhasil meraih penghargaan dari Mizan Award karena keberhasilan dua buah karyanya yang masuk dalam antologi cerpen terbaik di majalah Annida.
(Disadur dari: Nurdyansa, “Biografi dan Profil Asma Nadia” dalam www. biografiku.com, 2017)

Informasi tersurat dalam teks di atas adalah …
A. Asma Nadia tercatat sebagai alumnus Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. 
B. Karya yang dihasilkan Asma Nadia berupa cerpen, puisi, lirik lagu, dan buku.
C. Cerita pendek Rembulan di Mata Ibu karya Asma Nadia berhasil meraih penghaargaan Mizan
Award.
D. Asma Nadia berkarya sejak ia putus kuliah pada tahun 1994.
E. Asma Nadia adalah pendiri majalah Annida sejak tahun 2001.

2.   Bacalah teks berikut!
Di tangan M. Baedowy dan karyawannya sampah plastik dapat diolah menjadi barang bernilai ekonomi. Sampah plastik diolah menjadi butiran-butiran apik yang disebut biji plastik. Selanjutnya, biji plastik diekspor sebagai komoditas berharga. Biji plastik merupakan bahan baku yang dibutuhkan oleh negara maju. Biji plastik akan dijadikan bahan baku produk yang lebih canggih.

Makna istilah komoditas dalam paragraf tersebut adalah ….
A. benda yang dijual
B. barang bernilai seni
C. barang konsumen lain 
D. benda bernilai ekonomi 
E. barang dagangan utama

3.   Bacalah paragraf berikut!
Indonesia  memiliki hutan yang kaya akan keragaman jenis populasi di dalamnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Indonesia menjadi hutan yang paling terancam di dunia. Terkikisnya hutan karena penebangan liar menjadikan faktor utama yang diperkirakan
70--75% dari kayu yang dipanen ditebang secara liar. Dari perspektif ekonomi, penebangan liar telah mengurangi pendapatan dan devisa negara serta diperkirakan kerugian negara mencapai 30 triliyun per tahun. Di sisi lain, penebangan liar tersebut dapat mengakibatkan kurangnya resapan air yang dapat mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.
(Sumber: pusatkrisis.kemkes.go.id)

Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A. kekayaaan hutan dan keragaman jenis populasi di Indonesia
B. faktor utama terkikisnya hutan di Indonesia adalah penebangan liar
C. penebangan hutan secara liar di Indonesia mengakibatkan kerugian ekonomi  dan bencana alam
D. kerugian negara mencapai 30 triliyun akibat penebangan hutan
E. berbagai bencana banjir dan tanah longsor salah satu akibat dari penebangan liar
 
4.   Bacalah teks berikut!
Dewasa ini kopi ditanam di lebih dari 50 negara di dunia, salah satunya Indonesia. Pada tahun 2015 Indonesia menempati posisi ke empat negara penghasil kopi. Menurut Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI), sekitar 83% produksi kopi Indonesia dari jenis robusta dan
17% arabika. Kedua jenis kopi tersebut menjadi andalan ekspor Indonesia . Indonesia juga menghasilkan kopi jenis liberika dan excels. Akan tetapi, jumlahnya tidak signifikan bila
dibandingkan arabika dan robusta.
(Disadur dari: Asmak Afriliana, Teknologi Pengolahan Kopi Terkini, Yogyakarta, Deepublish,

Kesimpulan pertanyaan yang sesuai dengan inti teks di atas adalah ….
A. Mengapa produksi kopi menjadi andalan ekspor Indonesia?
B. Produksi jenis kopi apakah yang menjadi andalan ekspor Indonesia? C. Berapa persen jumlah produksi kopi liberika dan excels?
D. Sejak kapankah Indonesia memproduksi kopi di dunia?
E. Mengapa jenis kopi robusta dan arabika lebih banyak diekspor?

5.   Cermati paragraf berikut!
Kita tak dapat mencegah bunga yang satu tumbuh berbeda dari bunga lainnya. Sama juga halnya seperti kultur. Kita tidak dapat mencegah kultur yang satu tumbuh berbeda dari kultur lainnya. Menyeragamkan kultur tidaklah mungkin, setidakmungkinnya seperti kita menyeragamkan tumbuhnya bunga-bunga. Itulah kearifan budaya yang diberikan oleh keanekaragaman alami zamrud khatulistiwa bumi Indonesia ini.

Maksud dari kalimat yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ... A. Pencegahan pertumbuhan kebudayaan saat ini sangatlah tidak mungkin. B. Perbedaan kebudayaan di Indonesia tidak dapat diseragamkan.
C. Pertumbuhan kebudayaan sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.
D. Perbedaan kebudayaan di Indonesia sama seperti tumbuhnya bunga-bunga. E. Pertumbuhan kebudayaan saat ini tidak dapat dicegah oleh siapa pun.

6.   Cermati kedua kutipan berikut!
Teks 1
Bahan pengawet dari bahan kimia berfungsi membantu mempertahankan bahan makanan dari serangan  mikroba  pembusuk  serta  memberikan  tambahan  rasa  sedap  dan  manis.  Contoh beberapa jenis zat kimia, seperti cuka, asam asetat, fungisida, antioksidan, in-package desiccant, ethylene  absorbent,  dan  wax  emulsion  digunakan  untuk  melindungi  buah  dan  sayuran  dari ancaman  kerusakan  pascapanen  serta  untuk  memperpanjang  kesegaran  masa  pemasaran. Nitrogen cair dengan takaran yang tepat sering digunakan untuk pembekuan buah dan sayur sehingga  kesegaran dan rasanya dapat dipertahankan.

Teks 2
Peredaran bahan pengawet saat ini sangat tak terkendali, terlebih bahan pengawet yang bernama formalin dan boraks. Banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui dampak negatif dari bahan-bahan tersebut menambah leluasanya barang tersebut beredar di sekitar kita, apalagi tidak adanya pengawasan yang ketat. Padahal dampak atau efek yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia bila mengonsumsi  produk pangan  yang  tercemar  oleh  formalin  atau bahan-bahan  pengawet makanan lainnya sangat berbahaya, antara lain tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah dan diare, kemungkinan terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, hipertensi, kejang, tidak sadar, hingga koma. Selain itu juga dapat terjadi kerusakan hati, jantung, otak, limpa, pankreas, sistem susunan saraf pusat, dan ginjal.

Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut adalah ...
A. Bahan pengawet melindungi hasil pertanian dari serangan bakteri, selain itu bahan pengawet juga digunakan untuk produk makanan dan hasil perkebunan.

B. Bahan pengawet dapat mempertahankan bahan makanan dari mikroba pembusuk dan menjaga kesegarannya, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada organ tubuh bagian dalam manusia.
C. Bahan pengawet berdampak positif pada makanan dan produk pertanian dan hasil perkebunan, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada seluruh organ tubuh manusia.
D. Bahan pengawet dapat mempertahankan kesegaran makanan dan hasil perkebunan, tetapi bahan pengawet dapat mengganggu stabilitas pertumbuhan organ tubuh manusia.
E. Bahan pengawet dapat menambah rasa pada sebagian besar produk makanan, akan tetapi bahan pengawet akan merusak sistem saraf otak manusia.


7.   Bacalah kutipan teks berikut!
Saat kemajuan teknologi semakin berkembang pada era digital, peluang mengembangkan dan memulai usaha menjadi semakin terbuka lebar. Pemerintah saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan minat masyarakat berwirausaha. Website menjadi salah
satu kanal yang membantu dalam bisnis. Membuat website menjadi salah satu keterampilan yang
bisa bermanfaat untuk pengembangan keilmuan siswa agar bisa membangun brand yang kompetitif di tengah persaingan global.
(Disadur dari http://tekno.tempo.co/read/11469619)

Kalimat yang tepat untuk melanjutkan isi kutipan teks di atas adalah …
A. Kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi masyarakat baik di bidang bisnis maupun keilmuan.
B. Brand yang kompetitif merupakan ciri kemajuan teknologi yang telah dikuasai masyarakat. 
C. Membuat website menjadi hal yang mudah bagi siswa berkat kemajuan teknologi.
D. Pengembangan bisnis lebih bersifat kompetitif dengan penggunaan website yang tepat.
E. Kemajuan teknologi merupakan hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat dan pemerintah.

8.   Bacalah kutipan teks berikut!
Gerakan Satu Langkah Sejuta Makna dipelopori oleh drg. Rahayu Puji Astuty. Gerakan tersebut dilakukan drg. Rahayu karena terinspirasi kondisi kaum ibu yang sering menderita sakit asam urat, kolesterol, dan osteoporosis. drg. Rahayu memberikan perhatian yang tinggi terhadap kaum ibu yang sakit tersebut. Beliau  terpanggil dan memberikan pendampingan pada pasien- pasien yang mengalami saraf kecepit.

Kerancuan  makna yang terdapat pada kutipan teks di atas karena…. 
A. penggunaan kata berimbuhan yang tidak tepat
B. pengunaan kata hubung yang tidak tepat
C. penggunaan kata kerja yang tidak sejajar pada kalimat
D. penulisan istilah-istilah kesehatan yang sedikit
E. penulisan gelar yang tidak tepat

9.   Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sepanjang perjalanan pulang, pikiran saya tidak pernah lepas dari sahabat saya yang baik itu. Saya malu. Sebagai sahabat, saya merasa belum pernah berbuat baik padanya. Tidak pula yakin akan mampu melakukan seperti yang dilakukannya untuk menolong saya di malam itu. Dia telah membuktikan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus. Mata saya kemudian melirik seragam dinas yang tersampir di sandaran jok belakang. Sebagai jaksa yang baru saja menangani satu kasus perdata, seragam itu belum membuat saya bangga. Nilainya jelas jauh lebih kecil dibanding nilai persahabatan yang saya dapatkan dari sebuah seragam pramuka. Namun dia tidak tahu, dengan seragam dinas itu, sayalah yang akan mengeksekusipengosongan tanah dan rumahnya.
Seragam, Aris Kurniawan Basuki

Isi yang tersurat dalam kutipan cerpen di atas adalah…. 
A. berbuat baik pada sahabat sebelum terlambat
 B. kebaikan harus dibalas dengan kebaikan
C. saling menolong antarsahabat tanpa mengharapkan balasan
D. persahabatan dan pekerjaan adalah dua hal yang tidak dapat dicampuradukkan
E. keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus

10. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sadar saya membutuhkan pertolongan secepatnya, dia menggendong saya di atas punggunggnya lalu berlari sembari membujuk-bujuk saya untuk tetap tenang. Napasnya memburu kelelahan, tapi rasa tanggung jawab yang besar seperti memberinya kekuatan berlipat.

Seragam, Aris Kurniawan Basuki

Makna kata yang bercetak miring pada kutipan cerpen di atas adalah….
A. napasnya berkejaran
B. irama napasnya cepat
C. napasnya tidak terdengar
D. berusaha keras untuk bernapas
E. irama napasnya seolah tergesa-gesa

11. Bacalah kutipan novel berikut!
Suatu pagi, ketika murid-murid sedang bermain-main di halaman sekolah. Kepala Sekolah berkata, “ Ini teman baru kalian. Nama keluarganya Takahashi. Dia akan bergabung dengan anak-anak kelas satu.”
Anak-anak, termasuk Totto-chan, memandangi Takahashi. Anak itu melepas topinya, membungkuk, menghormat, dan berkata malu-malu, “Senang berkenalan dengan kalian.”

Totto-Chan: Gadis cilik di jendela, TetsukoKuroyanag
Nilai budaya yang terkandung dalam kutipan novel tersebut adalah…. 
A. kerukunan anatarsiswa di sekolah
B. siswa baru menjadi pusat perhatian
C. tradisi membungkukkan badan untuk memberi hormat
D. siswa di sekolah bermain dengan rukun
E. kepala sekolah memperkenalkan murid baru

12. Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Kutipan 1
Seorang pemuda bernama Kacak, yang merasa karena mamaknya adalah kepala desa, mempunyai sifat sombong dan selalu berbuat sekehendak hatinya sehingga kurang disukai oleh orang-orang sekampungnya. Namun, lain halnya dengan Midun, walupun hanya anak seorang petani miskin, tetapi ia mempunyai pendidikan moral dan agama yang baik, sehingga sangat disukai oleh orang-orang di kampungnya.

Kutipan 2
Tuti dan Maria, anak wedana pensiunan, R. Wiriaatmadja, ketika berada di Gedung Akuarium Jakarta bertemu dengan Yusuf, mahasiswa fakultas kedokteran. Maria siswa HBS, seorang yang lincah dan periang. Sebaliknya Tuti, kakaknya, gadis pemikir yang hanya mempercakapkan hal - hal yang dianggapnya perlu, aktivis organisasi wanita yang gagah memperjuangkan kemajuan
kaumnya.

Persamaan isi kedua kutipan novel di atas adalah…. 
A. sama-sama menggunakan alur maju
B. mengangkat tema pendidikan
C. menggunakan susut pandang orang pertama
D. menggambarkan watak tokoh
E. menggambarkan latar sosial
 
13. Cermatilah kutipan novel berikut!
Sekali aku menemukan cara licik untuk memperoleh kembali perhatian ronggeng Dukuh Paruk itu. Sebuah pepaya kucuri dari ladang orang. Pada saat yang baik, ketika Srintil seorang diri di pancuran, buah curian itu kuberikan kepadanya. Tak kukira aku akan memperoleh ucapan terima kasih yang menyakitkan, “Sesungguhnya aku menginginkan jeruk keprok,” kata Srintil dingin, “Tetapi buah papaya pun tak mengapa.”
Aku diam karena kecewa dan sedikit malu. Namun aku mendapat akal untuk menolong keadaan. Pikiran itu mendadak muncul setelah kulihat gigi Srintil telah berubah.

Ronggeng Dukuh Paruk, Ahmad Tohari

Bukti yang menunjukkan watak tokoh Srintil seorang yang tinggi hati adalah….
A. paragraf pertama kalimat ketiga
B. paragraf pertama kalimat keempat
C. paragraf kedua kalimat kedua
D. kalimat pertama paragraf kedua
E. kalimat kedua paragraf ketiga

14. Bacalah kutipan novel berikut!
Bagi orang-orang di desaku, yang kebanyakan mereka adalah perantau, saat lebaran seperti inilah waktunya untuk berkumpul. Waktu yang tepat untuk bersilaturahim, saling melepas rindu, dan saling memaafkan. Dan tentu saja, waktu menikmati hidangan spesial di rumah.

Surat Kecil Untuk Ayah, Boy Candra,

Keterkaitan peristiwa dalam kutipan novel tersebut dengan kehidupan saat ini adalah….
A. berkumpul dengan tetangga
B. bersilaturahmi setiap hari
C. mudik saat lebaran tiba 
D. saling berbagi makanan 
E. memaafkan orang lain

15. Bacalah kutipan resensi novel berikut!
Novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari merupakan novel yang dikemas secara menarik. Tema yang diangkat merupakan tema umum, yakni tentang persahabatan dan cinta. Novel ini ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami, tetapi tetap tidak kehilangan sisi estetiknya. Selain itu, novel ini sarat akan berbagai nilai-nilai kehidupan, perjuangan meraih cita-cita, dan ideologi. Namun, cukup disayangkan karena penggambaran latar tempat dalam novel ini acapkali berubah-ubah sehingga memungkinkan pembaca mengalami kebingungan dalam mengikuti alurnya.

Kalimat yang menyatakan kelemahan pada karya sastra berdasarkan kutipan resensi novel tersebut adalah…

16. Cermati paragraf berikut!
Peta gempa nasional idealnya terus dimutakhirkan seiring dengan adanya penemuan baru, kebaruan  metodologi,  serta  teknik  perhitungan.  Dari  data  penambahan  sumber-sumber gempa ini, pada akhirnya akan dibuat peta gempa nasional. Revisi data sumber gempa ini akan menjadi dasar perhitungan bagi penentuan Standar Nasional Indonesia untuk kekuatan … bangunan atau infrastruktur.
 
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. material
B. kontrol
C. mobilitas
D. modifikasi
E. konstruksi

17. Perhatikan teks berikut!
Acara di televisi saat ini sangat bervariasi.  Namun, banyak yang mengandung . . .. Hal tersebut adalah . . . yang tidak terkontrol. Untuk menyelamatkan kepribadian generasi penerus bangsa yang tetap memiliki . . . dan menjunjung norma ketimuran, sudah sepantasnya pemerintah harus bertindak tegas terhadap tayangan-tayangan seperti itu.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah . . . . 
A. fornograpi.fenomenal, ahlak
B. pornografis, phenomene, akhlaq
C. pornografi, fenomena, akhlak
D. fornografis, fenomena,akhlaq
E. ponograpi, fenomenal, akhlak

18. Cermati teks negosiasi berikut!
Wali kelas : “Anto, bagaimana rencana studi wisata ke Tanjung Bira, apakah semua temanmu setuju?”
Ketua kelas : “Saya sudah berbicara dengan teman-teman, Bu. Mereka ingin studi wisata ke
Pantai Marina saja Bu.”
Wali kelas : “Wah kenapa bisa begitu?”
Ketua kelas : “Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana, Bu
sedangkan Pantai Marina belum pernah sama sekali.”
Wali kelas : “Bagaimana ya, Ibu sudah membicarakannya dengan kepala sekolah. Beliau
setuju.”
Ketua kelas : “Tapi kalau ke Tanjung Bira, teman-teman banyak yang tidak ikut.”
Wali kelas : “Anto, Ibu sudah mempersiapkan semuanya.”
Ketua kelas : “…”
Wali kelas : “Baiklah kalau begitu, laporkan ke ibu hasilnya.”
Ketua kelas : “Baik, Bu.”

Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Ibu tidak usah susah-susah menghadapi persoalan ini biar kami yang menyelesaikan persoalan ini.
B. Kalau begitu kita laporkan saja masalah ini kepada kepala sekolah biar kapok mereka pasti ada penghasutnya, Bu.
C. Begini saja Bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan rencana ini.
D. Bu, teman-teman itu tidak mengerti kondisi kita sebagai panitia dan kesulitan Ibu, mereka mau enaknya sendiri.
E. Bu, serahkan saja kepada saya soal mereka tidak setuju ke Tanjung Bira. Mereka nggak ada perasaan, memang mudah ngelolanya.

19. Cermati teks prosedur kompleks berikut!
Proses  Pembuatan Kartu Pelajar di Sekolah
(1) Setelah blangko selesai Anda isi serahkan kepada petugas yang berjaga! (2) Datanglah ke kantor TU di sekolah Anda.!
(3) Setelah itu Anda akan memasuki ruang pengambilan foto!
(4) Mintalah blangko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga! (5) Setelah berfoto kartu pelajar akan selesai kurang lebih 2 minggu.
(6) Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur!
 
Urutan langkah proses pembuatan Kartu Pelajar di sekolah adalah . . . . 
A. 1-3-5-6-2-4
B. 2-4-6-1-3-5
C. 6-5-3-2-1-4
D. 4-5-1-3-2-6
E. 5-6-1-3-2-4

20. Cermatilah paragraf berikut!
Selain melakukan pemeriksaan, pihak ... bandara juga mengamankan seorang wanita yang diduga terlibat dalam peristiwa itu. Namun, tidak dijelaskan apakah penangkapan dilakukan terkait kematian pria tersebut. Pihak Aer Lingus mengeluarkan pernyataan tentang ... itu sehingga pesawat terpaksa mendarat karena keadaan darurat terkait ... seorang penumpang.

Lengkapilah kata-kata dalam paragraf rumpang di atas dengan menggunakan kata-kata di bawah ini secara tepat . . . .
A. penerbang, insiden kondisi medis
B. sekuriti, perhelatan. kondisi medis
C. sekuriti,insiden, cuaca medis
D. sekuriti, insiden, kondisi pengobatan
E. sekuriti, insiden, kondisi medis

21. Cermati paragraf (tesis) dan kalimat-kalimat argumentasi berikut!
Tesis
Sejak  zaman  dahulu,  nenek  moyang  kita  telah  mengenal  tanaman  lidah  buaya  lengkap  dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kalimat-kalimat argumentasi
(1) Lidah buaya mempunyai efek antibakteri dan antijamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat karena memiliki aktioksidan yang kuat, mengangkat radikal bebas, dan melindungi tubuh.
(2) Daun lidah buaya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, bagian samping bergerigi, dan mempunyai bintik-bintik.
(3) Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes
karena sifatnya menurunkan kadar gula.
(4) Biasanya tanaman ini ditanam di dalam pot atau pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.
(5) Daun lidah buaya mengandung air, oleh sebab itu tanaman ini dapat bertahan hidup di tempat yang memiliki suhu panas.

Kalimat argumentasi yang dapat mendukung tesis tersebut adalah .... 
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

22. Cermati kalimat tanya berikut!
Sudahkah Anda menggunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil?

Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya tersebut adalah ... 
A. Gunakanlah sabuk pengaman saat Anda mengendarai mobil!
B. Pakai sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil!
C. Ikatlah sabuk pengaman ketika Anda mengendarai mobil!
D. Kencangkan sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil!
E. Tariklah sabuk pengaman jika Anda mengendarai mobil!
 
23. Cermatilah kutipan teks berikut dengan saksama!
Di sebuah kelurahan di Kota Palembang, hiduplah seorang pemulung dengan seorang anak laki- lakinya. Mak Dariah nama janda itu. Suaminya sudah lama meninggal sejak Darsan, anak laki- lakinya, masih ada dalam  kandungannya. Menurut . . . , suaminya meninggal diterkam harimau di hutan. Ketika itu, mereka belum lama menikah, sekitar dua kali bulan purnama. Mak Dariah merasa hidupnya tidak berguna lagi. Putus asa rasanya kalau tidak ingat janin dalam kandungannya.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks di atas adalah . . . . 
A. kabar berita
B. kabar burung
C. kabar-kabari
D. kabar angin
E. kabar mekar

24. Cermatilah penggalan puisi berikut ini!
Rajawali Kecilku
Oleh: Lulu Winarti
Semoga kau bisa menjadi imam yang baik
Membawa bahtera rumah tanggamu mengarungi lautan kehidupan
. . .
Hingga mencapai pelabuhan bahagia dunia dan akhirat
Tuk mendapatkan hadiah utama berupa surga firdaus

Lengkapilah puisi di atas dengan kalimat bermajas yang tepat
A. Mengendarai amal ibadah di jalan lurus 
B. Menyeberangi Samudra Hindia yang luas 
C. Menjelajahi daratan, hutan, dan gunung 
D. Melewati punggung bukit yang terjal
E. Tanpa bekal harta dan ilmu pengetahuan

25. Cermati kutipan teks drama berikut!
Dimas : Aku ikut saja teman, penting bisa bermain bersama kalian semua. Minimal itu bisa menghilangkan stresku setelah beberapa minggu di hadapkan buku terus.
Andi : Oke siip, deh. Aku sangat setuju dengan ide kalian semua
Putri : (...)
Andi : Kalau itu menyusul saja, yang penting fiks dulu anggota yang ikut siapa. Setelah itu, kita tentukan waktunya.
Burhan : Siap komandan, laksanakan!

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah... 
A. Lalu aku harus mengajak siapa lagi?
B. Terus, apa saja yang harus aku bawa? 
C. Terus, acaranya kapan nih?
D. Aku boleh ngajak Ana, ya?
E. Tapi, jangan tempat yang terlalu jauh ya.

26. Bacalah penggalan cerita berikut!
Pada suatu pagi yang cerah, Fery pergi ke sekolah lebih awal dari biasanya karena PR-nya belum selesai dan dia hendak menyontek ke temannya. Di tengah perjalanan dia bertemu dengan temannya yang bernama Angga. “Ehh Angga PR fisika kamu udah selesai?” Tanya Fery. Angga tersenyum kecil lalu berkata “Tentu saja belum.” “Ya sudah semoga saja di kelas nanti ada yang sudah selesai.” Balas Fery. Kemudian Angga berkata “Iya, aku harap begitu” sambil tersenyum.

Dialog drama yang tepat berdasarkan penggalan cerpen tersebut adalah...
A. Pada suatu pagi yang cerah, Fery pergi ke sekolah lebih awal dari biasanya karena PR-nya belum selesai dan dia hendak menyontek ke temannya. Di tengah perjalanan dia bertemu dengan temannya bernama Angga.
Fery : “Ehh Angga, PR fisika kamu sudah selesai?”
Angga : “Tentu saja belum.” (senyum kecil)
Fery : “Ya sudah, semoga saja di kelas nanti ada yang sudah selesai.” 
Angga : “Iya, aku harap begitu.” (senyum)
B. Fery : “Ehh Angga, PR fisika kamu sudah selesai?”
Angga : “Tentu saja belum.” (senyum kecil)
Fery : “Ya sudah, semoga saja di kelas nanti ada yang sudah selesai.” 
Angga : “Iya, aku harap begitu.” (senyum)
C. Fery : “Ehh Angga, PR fisika kamu sudah selesai?” 
Angga : “Tentu saja belum.”
Fery : “Ya sudah, semoga saja di kelas nanti ada yang sudah selesai.”
D. Pada suatu pagi yang cerah, Fery pergi ke sekolah lebih awal dari biasanya karena PR-nya belum selesai dan dia hendak menyontek ke temannya. Di tengah perjalanan dia bertemu dengan temannya bernama Angga.
Fery : “Ehh Angga, PR fisika kamu sudah selesai?” 
Angga : “Tentu saja belum.”
Fery : “Ya sudah, semoga Fery
Angga : “Tentu saja belum.”
Fery : “Ya sudah, semoga saja di kelas nanti ada yang sudah selesai.”
E. Fery pergi ke sekolah lebih awal hendak menyontek ke temannya.
Fery : “Ehh Angga, PR fisika kamu sudah selesai?” 
Angga : “Tentu saja belum.”
Fery : “Ya sudah, semoga Fery
Angga : “Tentu saja belum.”
Fery : “Ya sudah, semoga saja di kelas nanti ada yang sudah selesai.”

27. Bacalah teks berikut!
Sebermula ada sebulan selangnya, maka pada suatu hari raja semayam di balairung diadap oleh segala menteri hulubalang dan rakyat sekalian. Maka barang siapa bercakap mengobati raja itu, jikalau sembuh penyakitnya, diambil raja akan menantu.
(Hikayat Petani)

Karakteristik yang menggambarkan bahwa teks tersebut karya sastra Melayu klasik adalah.... 
A. istanasentris dan kesaktian
B. istanasentris dan struktur kalimat
C. struktur kalimat rancu dan kemustahilan
D. kemustahilan, tokohnya binatang
E. tokohnya binatang, kesaktian seseorang
28. Bacalah teks eksplanasi berikut!
Anak yang terlalu sering menggunakan gawai akan menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan dalam memahami perasaan orang lain juga berkurang karena seharusnya anak lebih banyak pembelajaran secara konkret.
Struktur teks eksposisi di atas merupakan... 
A. tesis
B. orientasi
C. argumentasi
D. abstrak
E. penegasan ulang

Gempa Bumi
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik. Teks tersebut termasuk dalam teks …
A. laporan hasil observasi
B. eksposisi
C. eksposisi definisi
D. eksplanasi
E. prosedur kompleks

30. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Jawaban Oncoman kepada guru tersebut, “itu sudah jelas, Bu. Jika sekolah kita jadi Sekolah Bertaraf Internasional, pasti bayarannya akan lebih mahal, kan? Tidak mungkin tetap seperti saat ini.”
2. Agar situasi menjadi normal, sang guru mangalihkan pembicaraan menjadi materi pelajaran.
3. Mendengar jawaban Oncoman yang sangat kritis tersebut, sang guru hanya bisa terdiam.
Mungkin dalam hati kecilnya mengiyakan.
4. Pada suatu hari yang cerah di salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
5. Seorang guru memberikan pengumuman kepada seluruh siswanya. Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks anekdot adalah....
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 4, 5, 1, 3, 2
C. 4, 5, 2, 3, 1
D. 5, 4, 1, 3, 2
E. 1, 2, 4, 5, 3

31. Cermati kedua kutipan berikut!
Teks 1
Salju merupakan salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin tiba. Salju menjadi apik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya muncul secara alami di wilayah beriklim subtropis, yaitu yang memiliki empat musim. Salju juga dapat ditemukan di tempat-tempat tertinggi, seperti di Puncak Gunung Jayawijaya, Papua.
Teks 2
Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung  api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh ke bumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan air di dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada di atasnya. Ketidakseimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut, ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar sehingga terjadi tsunami.

Perbedaan pola penyajian (struktur teks) yang sesuai dengan kedua kutipan tersebut adalah bagian ....
Teks 1 Teks 2
A. pernyataan interpretasi
B. interpretasi sebab akibat
C. sebab akibat interpretasi
D. pernyataan umum sebab akibat
E. sebab akibat pernyataan umum

32. 
(1) Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai (DAS). (2) Kawasan hulu hingga hilir perlu direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini. (3) Pertumbuhan penduduk yang bermukim di daerah aliran sungai telah melemahkan daya dukung lingkungan kawasan tersebut. (4) Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebunan dan pemukimam. (5) Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. (6) Perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor. (7) Data Kementerian Pertanian dan Kementerian pekerjaan Umum menunjukkan bahwa dari 458 DAS di Indonesia 282 dalam kondisi kritis, 176 DAS juga berpotensi kritis. (8) Kekritisan kawasan dilihat dari cakupan vegetasi dan tingkat erosi.
Teks tersebut dapat diklasifikasikan teks eksposisi karena.... A. mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah
B. mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi
C. menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya
D. berisi pendapat penulis diikuti argumentasi
E. menjelaskan sebuah permasalahan

33. Cermatilah teks eksplanasi berikut!
Gempa bumi adalah suatu guncangan yang disebabkan oleh adanya suatu pergerakan lapisan batu. Getaran ini berasal dari dasar permukaan bumi. Ada daerah-daerah tertentu yang sering mengalami guncangan gempa bumi. Daerah tersebut adalah daerah gunung berapi aktif dan daerah di sepanjang lautan luas.
Tanpa mengenal musim, gempa bisa terjadi di waktu kapan saja. Walaupun begitu, gempa sering terjadi di area-area tertentu saja. Misalnya saja pada perbatasan Selat Pacipik. Karena sebagian besar area tersebut dikelilingi gunung berapi, tempat tersebut dinamakan dengan lingkaran api.

Bukti bahwa teks eksplanasi di atas tidak lengkap, karena tidak terdapat bagian... pada struktur …
A. pernyataan umum
B. sebab-akibat
C. penutup
D. urutan peristiwa
E. orientasi

34. Cermatilah teks berikut!
Untuk memudahkan pembelian obat, sebaiknya pergi ke apotek. Begitu kita menyerahkan recep obat, petugas segera menyiapkannya. Perlu diketahui bahwa recep obat yang dibuat oleh dokter tidak dapat dirubah, kecuali ada persetujuan dokter. Itulah sebabnya sebelum kita membeli obat untuk penyakit kita,sebaiknya kita pergi ke dokter. Di samping dokter mengetahui theory tentang obat dia juga dapat memberi nasehat tentang penggunaan obat. Apalagi bagi dokter yang sudah membuka praktik dalam pengobatan.

Pemakaian kata baku pada teks di atas adalah….
A. apotek, dirubah
B. dirubah, recep 
C. apotek, praktik 
D. theory, nasehat 
E. nasehat, recep

35. Cermatilah penggalan cerpen berikut!
(1) Mendengar nada suaranya, Wibisono tampak serius. (2) Aku juga tidak mau dia menganggapku tidak perhatian. (3) Paling tidak aku menampakan batang hidungku di sana. (4) Koleganya juga pasti ingin mengetahui siapa istri Wibisono. (5) Formalitas seperti itu merupakan peraturan tidak tertulis yang harus dijalankan. (6) Sebenarnya aku bisa saja mengelak dengan berbagai macam dalih. (7) Namun, aku tidak ingin melakukannya.
( Ajeng Puji Isdriani K)

Kalimat yang menggunakan majas parsprototo pada penggalan cerpen di atas terdapat pada kalimat nomor…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5.

36. Cermati kedua teks berikut!
Teks 1
Banjir tidak mungkin datang begitu saja tanpa penyebab. Terjadinya banjir setidaknya disebabkan oleh dua faktor. Faktor yang memengaruhinya, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam dapat berupa curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan daerah terletak pada cekungan, sehingga jalan keluar air jadi sempit. Kecerobohan manusia, seperti membuang sampah sembarangan dan penebangan hutan secara liar, merupakan faktor manusia yang dapat menyebabkan terjadinya banjir.
Teks 2
Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh kebumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada diatasnya. Ketidak seimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut yang ketika sampai dipantai menjadi gelombang besar, sehingga terjadi tsunami.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....
Teks 1 Teks 2
A. bahasa tidak baku ejaan baku
B. ejaan tidak baku ejaan baku
C. ejaan baku ejaan tidak baku
D. kata tidak baku kata-kata baku
E. struktur kalimat tidak baku struktur kalimat baku

37. Cermati penggalan teks berikut!
(1) Sebagai penjaga lapas di salah satu penjara paling sesak dan kacau di Brazil, para petugas mengira sudah tahu semua tipu daya para napi yang mereka awasi. (2) Namun, minggu lalu mereka melihat sesuatu yang tak terpikirkan sebelumnya. (3) Napi menggunakan seekor tikus untuk mengirim narkoba antarsel. (4) Di lorong-lorong lapas dengan tas kecil terikat pada buntut hewan pengerat itu terlihat berlari-lari, (5) Dilansir dari NZ Herald, direktur penjara di Brazil, mengatakan bahwa tikus digunakan sebagai jembatan antarsel.

Kesalahan kalimat nomor (4) di atas adalah…
A. tidak ada predikat
B. tidak ada pelengkap
C. tidak ada objek
D. tidak ada subjek
E. tidak ada keterangan

38. Perhatikan paragraf berikut!
Kebudayaan menjadi perwujudan dari pola pikir, moril, aturan hukum, adat istiadat, hasil karya, tehnologi, dan segala aspek kehidupan masyarakat, Keragaman budaya juga terdapat di Propinsi Riau yang penduduknya mayoritas berasal dari suku bangsa Melayu Riau

Penulisan ejaan pada paragraf tersebut tidak tepat sebab…
A. Penulisan kata moril seharusnya morel, kata tehnologi seharusnya technology dan kata propinsi seharusnya provinsi.
B. Penulisan kata moril seharusnya moral, kata tehnologi seharusnya teknologi dan kata propinsi seharusnya provinsi.
C. Penulisan kata moril seharusnya moral, kata tehnologi seharusnya teknologie dan kata propinsi seharusnya provinsi.
D. Penulisan kata moril seharusnya morel, kata tehnologi seharusnya teknologi dan kata propinsi seharusnya provintie.
E. Penulisan kata moril seharusnya moral, kata tehnologi seharusnya technologie dan kata propinsi seharusnya provinsi.

39. Cermati paragraf berikut!
Kita tidak boleh langsung mempercayai berita-berita yang beredar saat ini. Mungkin saja berita itu tidak benar yang akhirnya akan mengganggu ketenangan kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mencek kebenaran berita tersebut agar kita tidak terjebak keburukan- keburukan yang lebih jauh lagi.

Perbaikan kata berimbuhan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. mempercayai, memcek
B. memercayai, mengcek 
C. memercayai, mengecek 
D. menpercayai, mengcek 
E. memercayai, mecek

40. Cermati paragraf berikut!
(1) Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. (2) Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker, sedangkan dampaknya tidak terlalu besar. (3) Teh juga dapat menguatkan tulang. (4) Teh dapat mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi, sehingga mencegah gigi berlubang. (5) Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga dapat melawan penyakit jantung.
Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kesalahan kalimat tersebut yang disertai alasannya adalah
...
A. Kalimat (1), kata mempunyai seharusnya dipunyai karena dapat diikuti objek.
B. Kalimat (2), konjungsi sedangkan tidak tepat karena menyatakan klausa yang berlawanan seharusnya menggunakan konjungsi meskipun.
C. Kalimat (3), struktur pola kalimat tidak tepat karena kata berimbuhan me-selalu diikuti pelengkap.
D. Kalimat (4), penggunaan konjungsi sehingga tidak tepat seharusnya konjungsi dan karena klausanya sejajar.
E. Kalimat (5), kata seperti seharusnya diletakkan di awal kalimat karena kata tersebut menyatakan perbandingan.

B. SOAL URAIAN
41. Cermati teks anekdot berikut!
No. Paragraf
(1) Nasrudin berjalan di pasar sambil diikuti sekelompok pengikutnya.
(2) Apapun yang dilakukannya, para pengikutnya segera mengikuti. Setiap beberapa
langkah, ia akan berhenti kemudian melambaikan tanyanya ke udara, menyentuh kakinya, dan melompat sambil berseru, ”Hu Hu Hu!” Pengikutnya juga berhenti dan melakukan persis sama seperti yang ia lakukan.
(3) Salah satu pedagang yang kenal dengan Nasrudin secara diam-diam bertanya
kepadanya, ”Apa yang kamu lakukan, kawan lamaku? Mengapa orang-orang ini menirumu?” ”Aku menjadi Sheik Sufi,” jawabnya, ”Mereka ini adalah murid- muridku (pencari kebenaran spiritual). Aku menolong mereka untuk mencari pencerahan.”
(4) ”Bagaimana kamu tahu bilamana mereka telah mencapai pencerahan?” tanya si
pedagang, ”Itu merupakan yang paling mudah!” jawab Nasrudin. ”Setiap pagi aku menghitung jumlah mereka.”
(5) Setiap orang yang tidak datang lagi mereka telah memperoleh pencerahan!
a. Siapakah partisipan utama dalam teks tersebut?
b. Tuliskan nomor paragraf yang terdapat kalimat sindiran pada teks tersebut!
c. Tuliskan nomor kalimat yang berupa abstraksi dari teks anekdot tersebut!
d. Apa yang dipikirkan Nasrudin mengacu pada bagian teks nomor (4)?

42. Judul: Membangun Budaya Literasi melalui Perpustakaan Mini di Kelas
A. Pendahuluan
1. Latar Belakang
………………………
2. Masalah
………………………
3. Tujuan
……………………….
Kembangkan kerangka proposal penelitian di atas sesuai dengan judul!

43. Topik : Bahaya Merokok
Kerangka:
1. Mengapa rokok berbahaya?
2. Kandungan zat-zat berbahaya dalam rokok
Tulislah dua paragraf teks eksposisi tentang bahaya merokok berdasarkan kerangka karangan di atas!

44. Bacalah ilustrasi berikut!
Seorang siswa sedang menikmati libur akhir semester ganjil. Dia dan teman-temannya memilih mengisi waktu libur dengan pergi ke pantai dan menikmati keindahan pantai tersebut.
Tulislah sebuah puisi sesuai dengan ilustrasi di atas dengan memperhatikan hal-hal berikut!
a. Menggunakan diksi/ pilihan kata: angin, mentari, ombak, pasir putih. 
b. Menggunakan minimal dua majas

45. Bacalah paragraf sebab-akibat berikut ini!
(1) Kini harimau Sumatera banyak sekali diburu oleh pemburu-pemburu liar. (2) Mereka mengincar kulitnya dan ada juga yang ditangkap untuk dijual ke luar negeri.(3) Harimau Sumatera dapat dijadikan hewan sirkus.(4) Rumah mereka dibakar dan dialih fungsikan sebagai perkebunan. (6) Tidak jarang mereka selalu memasuki perkampungan penduduk dan kemudian ditangkap dan dibunuh.(7) Hewan yang menjadi buruannya pun kini telah jarang ditemui sehingga mereka kesulitan dalam mencari makanan. (8) Terlebih lagi pola berkembang biaknya yang sulit menjadi penghalang bagi harimau Sumatera untuk berkembang biak.(9) Oleh karena itu, kini harimau Sumatera sulit ditemui dan berada dalam ambang kepunahan.

a. Tunjukkan bukti kesalahan yang terdapat pada paragraf di atas dengan menentukan kalimat yang tidak logis pada paragraf tersebut!
b. Ubahlah paragraf tersebut menjadi kalimat yang logis untuk mendukung ide pokok paragraf!

Baca Juga
SHARE
Fendi
Selesaikan Apa yang sudah kamu mulai.. ~Marekno opo sg wis sampean lekasi (jawa)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar