EP0Ev1mS2LCYh8oLG2i1SwNllaQCNPsycvvd75zN
Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 ONLINE

Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 ONLINE

Centralpendidikan.com | Berikut ini adalah Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 ONLINE sebagai contoh soal dalam pembuatan naskah asli soal USBN SMP di mata pelajaran Bahasa Indonesia mendatang.

Berjumlah 45 butir soal pilihan ganda dan uraian yang bisa kamu pelajari secara online di artikel kami.



1. Cermati iklan berikut!
(1) Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG memahami keinginan Anda untuk melakukan hal yang terbaik.
(2) Masa depan Anda kami jamin akan lebih bermakna.
(3) Pengalaman kami selama 27 tahun dalam melayani kebutuhan Anda.
(4) Apa yang Anda lakukan hari ini akan melindungi mereka yang Anda cintai di kemudian hari.
(5) Hubungi 021.26508300, 021.50609999

Penjelasan isi kalimat (4) pada iklan tersebut adalah ...
A. Kalau kita ingin selamat sampai 27 tahun, ikutlah Asuransi Jiwa Sinarmas.
B. Kalau Anda memilih Asuransi Jiwa Sinarmas, akan terlindungi di kemudian hari.
C. Kalau kamu memilih Asuransi Jiwa Sinarmas, kita akan terlindungi sampai 27 tahun. 

D. Kita dan orang yang kita cintai akan terlindungi jika memilih Asuransi Jiwa Sinarmas.

2. Cermati teks berikut!
Gerhana bulan adalah fenomena alam ketika bulan terhalang bayangan bumi. Banyak ahli meneliti dan mempelajari proses terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan dapat muncul jika bulan dan matahari saling beroposisi. Namun, tidak semua oposisi ini mengakibatkan gerhana karena bulan memiliki bidang orbit yang miring sebesar 5 derajat terhadap bidang ekliptika.

Perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan menghasilkan dua titik yang dikenal dengan „node‟. Terjadinya gerhana bulan adalah ketika bulan beroposisi dengan matahari terhadap node, tepatnya di posisi 16, 5 derajat dari node (di sebelah timur ataupun sebelah barat).

Tidak semua gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara.

Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga. Hal ini disebabkan masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Cahaya yang dapat dibelokkan atmosfer bumi ini seringkali mempunyai spektrum cahaya berwarna merah.

Pernyataan yang merupakan isi teks tersebut adalah ...
A. Oposisi antara bulan dan matahari selalu menyebabkan gerhana bulan.
B. Gerhana bulan akan terjadi bila bulan dan matahari beroposisi terhadap node. 

C. Bulan tidak terlihat untuk waktu yang lama ketika gerhana terjadi.
D. Gerhana bulan dapat menyebabkan bulan berwarna merah jingga.

3. Cermati teks berikut!
Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Malang mengalami peningkatan. Sepanjang Januari 2019, tercatat ada 52 kasus demam berdarah. Jumlah itu meningkat tajam dibanding periode sama tahun lalu yang hanya 8 kasus. Masyarakat secara mandiri melakukan kegiatan pencegahan agar kasus tersebut tidak bertambah.

Makna kata mandiri pada teks adalah….
A. tidak dibebani oleh orang lain
B. mampu menghasilkan barang sendiri
C. mempunyai kekuatan sendiri
D. tidak bergantung pada orang lain

4. Cermati paragraf berikut!
Biji pepaya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat mel ancarkan pencernaan. Kandungan zat papain dalam biji pepaya sangat baik untuk membantu enzim membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, biji pepaya dapat berfungsi membersihkan hati. Enzim proteolytic yang terdapat pada biji pepaya dapat membantu meringankan pencernaan di hati, bahkan dapat meringankan sirosi, yaitu penyakit kronis pada hati.

Ide pokok paragraf tersebut adalah .... 

A. manfaat biji pepaya
B. cara memperlancar pencernaan
C. kandungan biji pepaya
D. fungsi enzim proteolytic


5. Cermati kutipan pidato berikut!
Saudaraku, saat ini sering terjadi bencana alam. Bencana alam timbul karena sikap manusia yang semakin acuh akan lingkungan yang sejatinya kita sangat membutuhkannya. Salah satu contoh yang sering kita jumpai adalah penebangan hutan yang semena-mena. Hutan menjadi gundul kehilangan daerah resapan. Semua karena keserakahan manusia yang tidak memperhitungkan dampak ke depannya . Maka marilah saudaraku hijaukan lagi bumi kita dengan penanaman pohon untuk kehidupan kita. Ini adalah bentuk dari kesadaran terhadap lingkungan kita.

Simpulan yang sesuai dengan pidato tersebut adalah.... 

A. Penggundulan dapat dikurangi oleh manusia.
B. Banyaknya bencana alam di Indonesia karena penggundulan hutan.
C. Penggundulan hutan terjadi setiap satu tahun sekali di wilayah Indonesia
D. Penggundulan hutan terjadi karena ketidakpedulian manusia terhadap lingkungannya.

6. Cermati kutipan teks berikut!
Meski Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengalami defisit keuangan yang diperkirakan mencapai Rp9 triliun hingga akhir tahun ini, dipastikan tidak akan menaikkan iuran kepesertaan. Saat ini BPJS Kesehatan bersama kementerian dan lembaga terkait sedang mencari jalan keluar guna mengatasi defisit keuangan tersebut. Sebelumnya, berembus kabar bahwa manajemen BPJS Kesehatan sedang kelimpungan bagaimana mengatasi defisit keuangan yang nilainya cukup besar itu. Munculnya defisit keuangan disebabkan biaya klaim lebih besar ketimbang pendapatan iuran. pembayaran iuran peserta tidak sesuai perhitungan. Untuk menambal defisit yang mewarnai setiap akhir tahun, manajemen BPJS Kesehatan memang tidak tinggal diam. Satu di antara program yang sedang dikaji adalah pelibatan peserta BPJS Kesehatan untuk mendanai biaya perawatan (cost sharing) sebanyak delapan jenis penyakit dengan perawatan medis yang lama dan berbiaya tinggi (katastropik). DElapan penyakit tersebut adalah jantung, stroke, kanker, gagal ginjal, sirosis hati, leukimia, talasemia, dan hemofilia.

Tujuan penulis dalam teks tersebut adalah ...
A. Menginformasikan kepada peserta BPJS bahwa akan ada kenaikan iuran BPJS Kesehatan. 

B. Menjelaskan kepada masyarakat bahwa pemerintah akan melakukan cost sharing.
C. Mengajak kepada masyarakat untuk membayar iuran BPJS dengan tepat waktu.
D. Meyakinkan kepada peserta BPJS, manajemen BPJS tidak akan menaikkan iuran BPJS.

7. Cermati kutipan teks berikut!
Teks 1
Karimunjawa di Jepara berada di sebelah utara Pulau Jawa. Lokasi wisata bahari yang satu ini sejak dulu sudah menjadi salah satu alternatif liburan yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Fasilitas di sana sangat lengkap. Bahkan, banyak juga backpacker yang berani untuk berwisata ke sana dengan budget rendah. 


Teks 2
Kota Batu identik sebagai Kota Apel. Karena besarnya jumlah pengunjung untuk berwisata di Kota Batu, potensi perkebunan apel juga dikembangkan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar. Saat ini perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu objek wisata favorit, terutama bagi wisatawan lokal.

Persamaan isi kedua kutipan teks tersebut adalah .... 

A. menggambarkan objek wisata domestik
B. membahas penelitian pengembang wisata
C. menguraikan jenis wisata bahari di Jawa
D. menjelaskan ketertarikan wisatawan luar negeri

8. Cermati teks berikut!
Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat sendiri, bisa dibuat dari sayuran dan buah – buahan yang di blender dan menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Minuman yang hanya menghilangkan rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin dan serat.

Minuman banyak warnanya, pewarna yang digunakan ada yang alami ada juga yang buatan. Pewarna alami adalah pewarna yang mengandalkan bahan – bahan yang tersedia di alam, seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang berkhasiat bagi tubuh, contohnya digunakan pada jamu. Pewarna buatan adalah pewarna yang terbuat dari bahan kimia ataupun bahan alami yang diproses secara kimiawi, seperti pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk minuman yang di produksi secara massal di pabrik, contohnya minuman – minuman yang di jual di supermarket.

Minuman yang beredar, ada yang di produksi secara massal di pabrik ada juga yang di buat di industri rumahan. Minuman produksi pabrik jika dilihat dari tampilannya, kemasan yang digunakan lebih menarik, terdapat nama pabrik dan kode produksinya, terdapat tanggal kadaluarsa, dan terdapat bar kode untuk penjualan di supermarket. Sedangkan minuman produksi rumahan, kemasan yang digunakan sederhana, tidak ada bar kode yang digunakan untuk penjualan di supermarket, dan jarang mencantumkan tanggal adaluarsa pada kemasannya.

Perubahan teks menjadi peta konsep sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….




9. Cermati teks berikut.
Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepada para pengusahanya untuk melakukan ekspansi bisnis dan investasi. Para pengusaha dan asosiasi di Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah- ubah.

Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju. 

B. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.
C. Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia. 
D. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.

10. Cermati teks berikut!
Pagi begitu cerah, bunga-bunga tampak berseri di taman rumah Ani. Ada beraneka tanaman tumbuh subur di sana. Melihat taman yang indah, tergerak hatinya untuk menyiram tanaman tersebut. Dengan penuh semangat, Ani menyiram tanaman sambil bernyanyi. Tak lupa dia menyiram bunga matahari yang baru kemarin ditanamnya.

Isi tersurat dari kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Sudut pandang yang digunakan adalah orang pertama. 

B. Latar tempat penggalan cerpen tersebut adalah di kota . 
C. Latar waktu penggalan cerpen tersebut adalah siang hari. 
D. Tokoh Ani memiliki watak cinta tanaman dan bunga.

11. Cermati teks berikut!
Meskipun diberi tempat dan makanan yang enak, Raja Parkit tetap memendam rindu pada rumah dan rakyatnya. Dari hari ke hari, kicauanya menjadi nyanyian sedih. Raja Pakit pun jatuh sakit. Ia telah kehilangan semangat hidup. Tubuhnya melemah dan tidak lagi bernyanyi. Melihat keadaan burung kesayanganya, sang raja pun menjadi sangat sedih. Suatu hari, ia melihat tubuh burung itu diam tak bergerak di dalam kandangnya. Dengan perasaan tak menentu, Raja Parkit dikeluarkan dari dalam sangkar untuk dikuburkan .

( “Raja Burung Parkit” dalam Kumpulan Fabel Nusantara Faforit, Depok, Indria Pustaka, 2011)

Makna kata memendam dalam kutipan fabel tersebut adalah…
A. menyimpan 

B. mengandung 
C. memegang 
D. menaruh

12. Cermati teks berikut.
Suatu hari, sesekor beruang berjalan di sepanjang hutan untuk mencari makanan. Beruang berniat mencari buah-buahan untuk bekal makanan selama berberapa hari. Tanpa sengaja, beruang menemukan sebuah pohon yang tumbang. Pohon tersebut ternyata dihuni oleh lebah yang tengah membuat sarang. Beruang pun penasaran dengan sarang lebah tersebut.

Beruang mulai mengedus- endus sarang dengan hidungnya. Dengan berhati-hati beruang melihat ke dalam sarang. Beruang berharap lebah tidak sedang berada di dalam sarang sehingga ia bisa mengambil madu yang ada di dalamnya.Malanh bagi beruang, ternyata pada saat itu ia menengok ke dalam sarang, kawanan lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari makanan dari bunga-bunga. Bahaya tidak dapat dihindari. Kawanan lebah yang berjumlah ribuan tersebut menyerang

beruang. Dengan keras, beruang mencoba melawannya dan belari menuju rumahnya. Akan tetapi, kawanan lebah semakin ganas dan justru memanggil lebah dari beberapa sarang yang ada di hutan untuk membantu mengejar beruang. Pada akhirnya, beruang tidak bisa menghindar dan merelakan tubuhnya disengat oleh kawanan lebah.

Penyebab konflik cerita pada teks tersebut adalah........

A. Beruang menemukan sebuah pohon-pohon yang tumbang. 

B. Beruang berjalan-jalan di hutan untuk mencari makanan. 
C. Beruang ingin mengambil madu dalam sarang lebah.
D. Beruang menemukan sarang lebah.

13. Cermati kutipan fabel berikut.
Di sebuah hutan hiduplah seekor Singa yang ganas. Suatu hari sang Singa ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.

Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan, datanglah seekor Kelinci. Sambil terengah-engah Kelinci itu minta maaf kepada sang Singa yang ganas itu.

“Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada Singa lain yang tadi memburu saya, ” kata si Kelinci.

kemudian, Singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut, “Mana Singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.” “Ya sang Raja, dia ada di dalam sumur itu.”

Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan Kelinci sang Singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.

Kalimat pertanyaan yang sesuai kutipan teks fabel tersebut adalah .... 

A. Bagaimana si Kelinci menghentikan sikap buruk sang Singa?
B. Siapa yang suka rela dimangsa sang Singa?
C. Mengapa Singa tidak lagi berburu binatang hutan? 

D. Ke mana kancil lari waktu dikerjar Singa?

14. Cermati kalimat-kalimat berikut.
(1) Maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. 

(2) Dan di ujung jalan nanti akan Tuan temui sebuah surau tua.
(3) Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar.
(4) Pada simpang kecil ke kanan, simpang yang kelima, membeloklah ke jalan sempit itu.
(5) Di depannya ada kolam ikan, yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.
(Robohnya Surau Kami – A. A. Navis)

Urutan peristiwa yang tepat pada teks tersebut adalah.... 
A. (3), (1), (4), (2), (5)
B. (3), (2), (5), (1), (4) 

C. (3), (1), (4), (5), (2) 
D. (3), (5), (2), (1), (4)

15. Cermati kutipan cerita berikut!
Tiba-tiba angin berembus dengan kencang. Bulan purnama menghiasi langit. Aku merasa malam ini tak seperti biasanya. Jaket tebal yang kukenakan tak bisa menahan berdirinya bulu kudukku. Lolongan anjing dari menyayat malam. Kuputuskan aku harus kembali ke tenda untuk berkumpul kembali dengan teman-teman pendaki yang lain.

Kalimat komentar yang menyatakan keunggulan sesuai kutipan tersebut adalah ….
A. cerpen tersebut menarik karena menggambarkan suasana malam yang menakutkan dan diperkuat dengan lolongan anjing
B. bahasanya mudah dipahami, tetapi sayang pesan yang ingin disampaikan pengarang kurang tergambar jelas
C. latar suasana dan latar waktu saling mendukung untuk menghadirkan cerita yang menarik. 

D. Pengarang menggunakan bahasa sehari-hari sehingga menghadirkan cerita yang menarik.

16. Cermati kutipan fabel berikut!
Harimau, kerbau, dan gajah mulai dari pagi sampai sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap hewan lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis makanan dikumpulkan, mulai dari buah-buahan sampai hewan-hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya makanan dan membagi tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, akhirnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu , harimau menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Karena harimau merasa masih kurang, ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah karena merasa kekurangan makanan.

Keunggulan kutipan teks fabel tersebut adalah ...
A. Konflik antara ketiga hewan sangat didramatisasi.
B. Pesan cerita menarik dan disampaikan secara tersirat dan jelas. 

C. Pengenalan tokoh diungkapkan dengan sangat detail.
D. Penyelesaiancerita yang bahagia digambarkan dengan lugas.

17. Cermati puisi berikut.
Surat untuk Ayah

Ayah, airmataku bermain-main di atas kertas 

Ditemani pena yang menari-nari 
Meninggalkan jejak tinta di kertas berhelai 
Aku rindu padamu Ayah

Mengapa waktu tak kunjung menyerah
Sehingga takdir memberikan keindahan pertemuan 

Bukankah tak semua harta membahagiakan 
Terlebih ketika kesepian merajut sendu

Ayah, jangan biarkan aku sendiri
Karena memang aku tak sanggup sunyi
Menerkam hampa di dalam jiwa tanpa sang imam keluarga

(www.duniapuisi.com)

Keunggulan yang terdapat pada puisi tersebut adalah … .
A. isi puisi yang menyatakan luapan kerinduan
B. pilihan rima yang sama sehingga menarik pembaca
C. bentuk puisi yang rata kiri sehingga menciptakan keindahan
D. penggunaan majas yang menggambarkan kerinduan kepada ayah

18. Cermati teks berikut!
Pantai Nembrala adalah sebuah pantai dengan […] indah dan belum tercemar. Pasir, ombak, dan birunya air laut terhampar di lokasi ini. Hal ini membuat para […] dalam dan luar negeri berkunjung ke sini. Pantai ini terdapat di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah .... 

A. visualisasi, peneliti
B. panorama, wisatawan
C. pemandangan, pendatang
D. ekosistem, pelancong

19. Cermati tabel berikut!



Narasi yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ….
A. Tabel penjualan menu makanan warung Jaya Makmur pada bulan Januari penjualan rendang sebanyak 450 porsi, gudeg 300 porsi, rawon 360 porsi, soto 300 porsi.Pada bulan Februari, penjualan rendang sebanyak 390 porsi, gudeg 300 porsi, rawon 360 porsi, soto 330 porsi. Pada bulan Maret rendang terjual sebanyak 460 porsi, gudeg 430, rawon 420, soto 440.Pada bulan April rendang terjual 410 porsi, gudeg 430, rawon 420 porsi, soto 450 porsi.Jadi, dapat disimpulkan bahwa penjualan menu makanan bulan Januari lebih sedikit daripada penjualan rawon bulan April.
B. Tabel penjualan menu makanan warung Jaya Makmur pada bulan Januari penjualan rendang sebanyak 450 porsi, gudeg 300 porsi, rawon 360 porsi, soto 300 porsi.Pada bulan Februari, penjualan rendang sebanyak 390 porsi, gudeg 300 porsi, rawon 360 porsi, soto 330 porsi. Pada bulan Maret rendang terjual sebanyak 460 porsi, gudeg 430, rawon 420, soto 440.Pada bulan April rendang terjual 410 porsi, gudeg 430, soto 450 porsi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil penjualan soto pada bulan april lebih sedikit daripada bulan Juni.
C. Berdasarkan Tabel Penjualan Menu Makanan di warung Jaya Makmur Pada Bulan Januari hingga April 2019 dapat dijelaskan bahwa pada bulan Januari penjualan rendang sebanyak 350 porsi, gudeg 300 porsi, rawon 360 porsi, soto 300 porsi.Pada bulan Februari, penjualan rendang sebanyak 390 porsi, gudeg 300 porsi, soto 330 porsi. Pada bulan Maret rendang terjual sebanyak 460 porsi, gudeg 430, rawon 420, soto 440.Pada bulan April rendang terjual 410 porsi, gudeg 430, rawon 420 porsi, soto 450 porsi. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa rendang paling banyak diminati konsumen.
D. Berdasarkan Tabel Hasil Penjualan Menu Makanan Pada Bulan Januari hingga April 2019 dapat dijelaskan bahwa pada bulan Januari penjualan rendang sebanyak 450 porsi, gudeg 300 porsi, rawon 360 porsi, soto 300 porsi. Pada bulan Februari, penjualan rendang sebanyak 390 porsi, gudeg 300 porsi, rawon 360 porsi soto 330 porsi. Pada bulan Maret rendang terjual sebanyak 460 porsi, gudeg 430, rawon 420, soto 440.Pada bulan April rendang terjual 410 porsi, gudeg 430, rawon 420 porsi, soto 450 porsi.Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa rendang paling banyak diminati konsumen.

20. Cermati teks berikut!
Petunjuk membuat batik tulis:
(1) Mencelupkan kain yang sudah diberi lilin ke dalam pewarna.
(2) Menutupi bagian kain putih yang ditebalkan dengan lilin yang tidak akan diwarnai. 

(3) Melukis kembali dengan canting pada motif yang warnanya beda.
(4) Setelah membuat pola batik, menebalkan motif menggunakan lilin yang dicairkan.
(5) Menghilangkan lilin dengan mencelupkan kain yang sudah diberi warna berbeda. 

(6) Membuat pola batik pada kain putih sesuai motif yang diinginkan.
(7) Tahap terakhir adalah mencuci kain batik dengan air bersih dan menjemurnya.

Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat tersebut tersusun padu adalah .... 

A. (2) – (3) – (1) – (5) – (6) – (4) – (7)
B. (2) – (6) – (4) – (3) – (7) – (1) – (5)
C. (6) – (7) – (1) – (5) – (2) – (3) – (4) 

D. (6) – (4) – (2) – (1) – (3) – (5) – (7)

21. Cermati teks berikut!
Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Jika gigi Anda mengalami karang gigi , sebaiknya tidak usah cemas. Karena ada cara mudah dan murah untuk mengatasinya. Berikut caranya:
1. Sediakan satu atau dua kulit jeruk yang sudah dibersihkan.
2. Sebelum tidur, gosokkan langsung pada gigi sampai rata.
3. Diamkan satu malam tanpa dibersihkan.
4. Setelah bangun tidur, bersihkan dengan cara menyikat gigi atau berkumur.
5. Lakukan setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal.

Teks eksposisi yang tepat sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Pada umumnya, karang gigi membuat orang merasa tidak percaya diri. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya, di antaranya menggunakan kulit jeruk. Dengan kulit jeruk, karang gigi dapat hilang dalam semalam.
B. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan dapat membuat orang merasa cemas serta tidak percaya diri. Namun, kini kita tidak perlu cemas. Penelitian terbaru membuktikan bahwa kulit jeruk dapat menghilangkan karang gigi jika digosokkan pada gigi sebelum tidur secara berkala. Tingkat keberhasilannya mencapai 90 persen.
C. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan tidak berbahaya. Meski begitu , karang gigi harus dibersihkan demi kenyamanan diri. Solusi yang mudah dan murah adalah dengan kulit jeruk. Caranya dengan menggosokkan kulit jeruk yang sudah dibersihkan ke area karang gigi dan diamkan dalam satu malam. Jika dilakukan setiap malam, karang gigi akan lenyap.
D. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan cukup mencemaskan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pembersihan gigi dari karang gigi. Sikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan karang gigi. Kita harus rutin menggunakan kulit jeruk karena bahan alaminya terbukti ampuh mengangkat plak pada gigi.Tertarik mencobanya?

22. Cermati kalimat berikut.
Pemerintah telah meresmikan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi sebagai kampung tematik di Kota Malang

Kalimat yang memiliki makna sama dengan kalimat tersebut adalah ….
A. Pemerintah menyediakan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi sebagai kampung tematik di Kota Malang
B. Pemerintah menempatkan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi sebagai kampung tematik di Kota Malang
C. Pemerintah menjadikan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi sebagai kampung tematik di Kota Malang
D. Pemerintah menyelesaikan keberadaan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi sebagai kampung tematik di Kota Malang

23. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Samsul tiba di desanya dengan menumpang ojek. Sesampai di depan rumah diketoknya pintu dengan rasa tidak sabar
Samsul : “Mbok! Mbok!. . . anakmu pulang, Mbok!”
Mbok : (dengan bergegas membuka pintu, dipeluknya anaknya erat-erat)) “Samsul anakku, Mbok kangen sekali, Nak?”
Samsul : “Aku juga Mbok?”
Mbok : “Bagaimana keadaanmu Nak?”
Samsul : “Alhamdulillah, aku baik-baik saja, Mbok ini kubawakan . . . mudah-mudahan Mbok suka.”

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah . . . A. oleh-oleh
B. buah hati
C. buah bibir
D. buah tangan

24. Cermati pantun berikut!
Berlari cepat mengejar waktu

Terlambat sudah tertinggal … 
Pendidikan itu harus nomor satu 
Bagi kemajuan bangsa tercinta

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi kutipan pantun tersebut adalah …
A. kawan 

B. kereta 
C. zaman 
D. berlalu

25. Cermati kutipan cerpen berikut!
Ibu terus membangunkan Kiki dan mengajaknya ke kamar mandi. Setelah mandi dan sarapan, Kiki berangkat ke sekolah diantar ayah, sementara ibu tetap di rumah. Memang dalam keluarga ini, ayah adalah kepala keluarga sekaligus […] keluarga. Ayah bertugas mencari nafkah untuk memenuhi keperluan keluarga, sementara ibu mendampinginya dan mendidik anak-anak dengan baik.

Majas yang tepat untuk melengkapi kutipan cerita tersebut adalah .... 

A. tulang punggung
B. banting tulang
C. kaki tangan
D. tangan kanan

26. Cermati teks drama berikut.
Edy : “Benarkah dalam liburan ini sekolah kita akan berdarmawisata Pak?”
Pak Piyan : “Benar! Mengapa Edy bertanya?”
Edy : “Untuk meyakinkah diri. Darmawisata kemana Pak?”
Pak Piyan : ….
Edy : “Mudah-mudahan ke Bali. Saya belum pernah ke sana.”
Pak Piyan : “ Itu hasil rapat yang menentukan.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang tersebut adalah ….
A. Wah, benar katamu. Harus segera dipastikan.”
B. “Belum dipastikan. Mungkin ke Bali, Mungkin pula ke Pantai Pangandaran.”
C. Wah, kira-kira kemana ya enaknya?
D. Benarkah demikian kita jadi darmawisata Pak?”

27. Perhatikan penggalan cerpen berikut!
Belum sebulan Sukardi kukenal.Ia menelponku. Kusuruh ke tempatku dan akhirnya ia datang bersama Juliane. Kusalami mereka, dengan perasaan gembira menyambut tamu.Kuperhatikan Sukardi masih seperti bulan lalu.Pakaiannya lusuh.Sepatu dan kaos kakinya tampak jorok.Ku sambut kedatangan mereka dengan senang hati, menyetelkannya lagu-lagu Iwan Fals.Ku suguhi mereka dengan minuman hangat dan kacang-kacangan sebelum memanggang ikan dan udang.

Nilai moral yang terdapat pada kutipan teks tersebut sama dengan nilai moral pada kutipan …
A. Sarah terbelalak. Di depan salah satu gua batu nampak sesosok tubuh sedang duduk. Tiba-tiba hatinya seperti terlonjak, teringat sesuatu. Hilanglah rasa damai dan kebebasan yang dirasakannya di gurun tadi. Ia kembali dari kebebasan ke dalam kurungan. Ia telah menelusuri jalan gelap yang sempit dan berkelok-kelok ke bawah sini, dan di sini didapatnya monster itu. Nyonya Boynton!

Nyonya Boynton ada di sini, di Petra! Sarah menjawab pertanyaan yang diajukan kepada dirinya dengan setengah sadar. Apakah ia ingin segera makan? Ataukah ia ingin membersihkan diri dulu? Apakah ia memilih tidur dalam tenda atau dalam gua? Sarah bergidik membayangkannya. Sarah merasa dunia begitu sempit dan ia terjepit tanpa sanggup berbuat apa-apa.

B. “Nenek membawa kabar tidak enak! Semalam nenek bermimpi. Eh, mimpinya berwarna lho!”
”Kok bisa?” Mami bingung.
“Nenek kan udah pasang TV kabel!” jelas nenek.
“Nenek bermimpi berada di sebuah rumah yang ramai sekali, ternyata itu rumah kamu. Nenek bingung, ada apa ramai-ramai? Ternyata Lulu sedang dikerubungi orang. Dia berada di tengah-tengah ruang tamu. Pakai baju putih, tampak cantik sekali!”
“Terus hubungannya dengan kabar tidak enak?”
“Aduh, itu pertanda si Lulu bakalan dapat musibah! Pokoknya bisa celaka. Suruh Lupus mengawasi adiknya!” “Lulu bisa celaka?” “Iya, celaka!”
C. “Aki…, ” sapaku pelan sambil menyibak kelambu tua yang lusuh dan berdebu.
Hukk..hukk.. Terdengar batuk tertahan. Aku tetap masuk ke kamar yang sama konidisinya dengan si kelambu. Aku mencoba membantu Aki Atmo duduk. Dia tersenyum. Aku pun membalas senyumnya sambil membuka bekal yang sudah disiapkan ibu.
Setiap pagi, aku selalu mampir ke gubuk Aki Atmo. Kasihan, hidup sendirian di perkampungan kumuh. Aku sengaja meminta ibu melebihkan bekalku agar aku bias berbagi dengan aki. Hari ini, tampaknya dia sakit. Sebab, biasanya beliau sudah di depan gubuknya. Aku mencoba menyuapi. Dengan agak susah beliau mulai makan. Kadang sedikit tersedak. Aku ambil termosku dan kuseduhkan teh hangat.

D. Di sekolah, saya lebih sering menghabiskan waktu di dalam kelas mengerjakan pekerjaan rumah ketimbang bermain bola bekel, kelereng, atau ngobrol di kantin sekolah yang mungil. Bukan karena tak mau, tapi karena saya malas ditanyai berbagai macam hal yang sering membuat telinga panas bagai habis disentil. Pertanyaan-pertanyaan itu tidak hanya datang dari murid-murid, tapi juga dari para guru. Pertanyaan semisal, mengapa sekitar mata saya biru. Atau, mengapa saya berjalan pincang dengan kaki satu. Saya menjawab jika habis terbentur pintu. Atau, jatuh dari tangga karena terburu- buru. Semudah itu. Tapi tatap tak percaya yang tersirat di dalam mata merekalah yang mengganggu. Saya malu.

28. Cermati penggalan puisi berikut!
Sayap Hati

Terkadang hati berkata pergi
Terbang meraih asa
Tapi keinginan terlalu kecil
Tertahan keluh dan juga caci


Kalimat bernilai sastra yang tepat untuk mengganti baris yang bercetak miring pada puisi tersebut adalah ….
A. Namun siapa peduli?
B. Namun sayapnya enggan mengepak
C. Tetapi hasrat terlalu kuat
D. Walau aral datang menerjang

29. Cermati teks berikut
Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4, 3 juta ha. Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan laut dan darat.

Sumber: www.pengenalan ekosistem bakaue.com

Ciri bahasa yang paling dominan pada teks tersebut adalah ….
A. Penggunaan kata baku dan kalimat definisi.
B. Penggunaan istilah ilmiah dan kalimat tunggal.
C. Penggunaan istilah bidang tertentu dan kalimat kompleks.
D. Penggunaan kata tidak baku dan kalimat yang menunjukkan klasifikasi.

30. Cermati teks berikut!
Daun pandan suji digunakan sebagai indikator alami karena dapat menunjukkan sifat asam dan basa suatu larutan. Sebelum menjadi ekstrak larutan daun pandan suji yang siap digunakan, daun pandan suji ditumbuk hingga halus. Setelah itu, ditambahkan larutan etanol pada tumbukan daun pandan suji dan saring dengan kertas saring. Larutan daun pandan suji berwarna hijau. Tujuan penyaringan tumbukan daun pandan suji untuk melarutkan zat zat yang terkandung dalam daun pandan suji. Jika ditambahkan reagen akan menunjukkan hasil berupa perubahan warna.

Ketika tiga tetes ekstrak daun pandan suji ditambahkan dengan satu tetes HCI, warna ekstrak daun pandan suji berubah hijau kekuningan. Apabila sampel makanan yang diuji ditambahai HCI, akan menghasilkan perubahan warna selain hijau kekuningan. Dapat dikatakan bahwa sampel makanan tersebut menggunakan pewarna buatan (sintetis).

Disadur dari: http://aulfitrinote.blogspot.co.id/2015/01laporan-

Kutipan laporan tersebut merupakan bagian ….
A. judul dan tujuan percobaa 

B. bahan dan alat percobaan 
C. tujuan dan hasil percobaan
D. langkah kerja dan hasil percobaaan

31. Cermatilah kedua teks berita berikut!


Teks Berita I
Minimnya budaya membaca di kalangan siswa mendapat perhatian dari Rumah Literasi Sumenep. Ketua Rumah Literasi Sumenep, Rosida Irmawati, mengungkapkan budaya membaca di kalangan siswa masih rendah. Menurutnya, untuk mewujudkan sekolah dengan budaya membaca dapat dilakukan dengan Program Literasi Sekolah. Melalui Program Literasi Sekolah, guru harus membiasakan siswa membaca buku di perpustakaan. Perpustakaan Nasional melakukan Safari Gerakan


Teks Berita II
Pembudayaan Gemar Membaca di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (22/3). Gerakan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca tersebut dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati S leman dengan mengundang siswa, para guru di Kabupaten Sleman, serta para pustakawan.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….




32. Cermati teks berikut.
Letakkan gelas berisi air di atas meja dan tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong. Buatlah ruangan benar-benar gelap. Tutup semua tirai dan lubang yang memungkinkan cahaya masuk. Sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas. Perhatikan pelangi yang muncul dari sudut kaca. Bentuk sudut kaca sesuai dengan keinginanmu.

Jenis teks berdasarkan ciri struktur yang terdapat pada teks tersebut adalah …..
A. teks tantangan
B. teks laporan percobaan
C. teks ulasan
D. teks diskusi


33. Cermati surat berikut!



Penulisan yang salah dan perbaikan yang tepat surat tersebut adalah ... 
A. nomor (1) menjadi Malang, 8-09-2018
B. nomor (1) diubah menjadi 8 September 2018
C. Nomor (2) menjadi Salam persaudaraan
D. Nomor (2) menjadi Salam rindu

34. Cermati teks berikut!
Sampah yakni bahan terbuang atau sengaja dibuang yang berasal dari hasil aktivitas manusia maupun proses dari alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Definisi lain sampah yakni sisa material yang tidak diinginkan dan ciri dari berakhirnya suatu proses. Sampah dapat berasal dari alam, manusia, nuklir, industri, dan pertambangan. Berdasarkan sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dan sampah yang mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, dan dedaunan kering. Sementara itu, sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan dan tidak akan membusuk, seperti plastik dan kayu.

Alasan kesalahan bagian teks laporan hasil observasi tersebut adalah ...
A. Penggunaan kata penghubung pada definisi sampah tidak sesuai fungsinya.
B. Pendeskripsian sampah tidak memberikan gambaran tentang manfaat sampah. 

C. Penjabaran jenis sampah tidak menggambarkan detail masing-masing objek. 
D. Penguraian asal sampah tidak tergambar dengan jelas dan rinci.

35. Cermati paragraf berikut!
Bunga sepatu merupakan tanaman yang dikenal memiliki bentuk bunga yang indah dan beraneka warna. Tanaman bunga sepatu banya digunakan sebagai tanaman hias. Tak jarang masyarakat Indonesia menggunakan sebagai pagar hidup. Tanaman ini pun digolongkan dalam tumbuhan semak.

Sinonim kata yang bercetak tebal pada paragraf tersebut secara berurutan adalah …
A. jenis, rendah 

B. model, perdu 
C. jenis, perdu
D. model, rendah

36. Cermati kutipan teks berikut!
(1) Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. (2) Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. (3) Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok. (4) Siapapun yang memandang merasa takjub.

Dari kutipan teks tersebut, kalimat yang mengandung majas adalah ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


37. Cermati kalimat berikut!

Tumbuhan ini dahulu sangat mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Ternate, Lampung, dan Samar.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah....
A. Kata “sangat” sebaiknya dihilangkan karena tidak efektif.
B. Kata “seperti” sebaknya diganti dengan tanda baca titik dua (:)
C. Kata “dan” seharusnya diganti dengan kata “serta”
D. Kata “dahulu” sebaiknya di awal karena tidak tepat dalam penempatan unsur-unsur dalam kalimat.

38. Cermati kalimat berikut.
Manfaat yang terkandung dalam terumbu karang dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu adalah manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah....
A. Manfaat terumbu karang adalah dua yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.
B. Manfaat terumbu karang dikelompokkan menjadi dua yaitu manfaat langsung dan manfaat tidak langsung. 

C. Manfaat terumbu karang yang terkandung dalam terumbu karang adalah manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.
D. Manfaat terumbu karang dapat dikelompokkan menjadi dua adalah manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

39. Cermati teks berikut.
Sore itu cuaca di pinggir Pantai Losari sangat cerah, sejumlah keluarga tampak sedang bersantai, para pedagang kaki lima baru saja menggelar dagangannya.
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca pada paragraf tersebut adalah... 

A.Tanda koma (, ) diganti dengan tanda titik dua (:)
B. Tanda koma (, ) diganti dengan tanda titik dua (;) 

C. Tanda koma (, ) diganti dengan tanda titik (.)
D. Tanda koma (, ) setelah kata cerah dihilangkan

40. Cermati teks berikut!
Minum air garam yang sudah ditakar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air garam, proses methabolisasi terbantu sehingga air bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Air garam bisa menstimulasi sisteamsekresi usus sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Air garam yang diperlukan tubuh manusia setiap hari paling tidak sebanyak 8 gram. Minum air garam yang cukup dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar dari penyakit cronis.

Perbaikan yang tepat terhadap kata bercetak miring pada teks tersebut adalah .... 

A. metabolisme, sistim, khronis
B. methabolisme, sistem, chronis
C. metabolisme, sistem, kronis
D. methabolisme, sistim, kronis

SOAL URAIAN
41. Cermati teks fabel berikut!
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.

“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”

Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.

Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.

“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”

Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.

“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”

Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek, ” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

Sebutkan latar tempat dan bukti tekstual berdasarkan teks fabel tersebut!

42. Cermati data buku berikut.

• Organisasi Buku :
Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik. Dalam buku ini antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya terdapat keterkaitan sehingga mampu menarik pembaca.

• Isi Buku :
Dilihat dari isinya ceritanya sangat unik, menarik sehingga layak untuk dibaca.

• Bahasa :
Dilihat dari segi bahasa yang digunakan pengarang sederhana, akan tetapi memikat. Kalimat- kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami.

Tulislah sebuah paragraf yang berisi keunggulan karya dengan memperhatikan kelengkapan , penggunaan bahasa dan ejaan yang tepat!

43. Cermati kutipan cerita berikut.
Tak seorang pun ingin menjadi sahabat Bodenga. Wajahnya carut-marut, berusia empat puluhan. Ia menyelimuti dirinya dengan dahan-dahan kelapa dan tidur melingkar seperti tupai di bawah pohon nifah selama dua haru dua malam. Jika lapar ia terjun ke sumur tua di kantor polisi lama, menyelam, menangkap belut yang terperangkap di bawah sana dan langsung memakannya ketika masih di dalam air.

Susunlah kalimat yang menunjukkan konflik cerita yang dapat digunakan untuk melengkapi cerita tersebut !

44. Cermati teks berikut!
Ayah banyak bercerita perihal sepeda motor padaku. Aku menikmatinya. “Kalau adik sudah besar nanti, mau jadi apa?” tanya ayah padaku. “Aku mau jadi pembalap, Yah, kayak Valentino Rossi,

” jawabku spontan. Ayah pun memujiku, lalu mengajukan pertanyaan padaku.

“Tapi pembalap mesti mengerti anggota yang terpenting dari sepeda motor. Adik tahu apa itu?” Aku pun berpikir sepanjang hari itu, apa ya yang paling penting? Keesokan harinya ketika sarapan, aku menjawab pertanyaan ayah kemarin. Menurutku, bagian yang terpenting dari sepeda motor adalah roda karena tanpa roda, motor tidak mampu berjalan.Mendengar jawabanku, a
tidak  yah berkata, “Wah pintarnya,  namun  sayangnya  bukan  itu,  sayang,  ”  jawab  ayah.  Aku  pun  menyerah  dan
memikirkan kembali jawabannya.

Tulislah teks drama antara 8-12 kalimat dialog berdasarkan kutipan cerpen tersebut dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antardialog, dan ejaan dan tanda baca!

45.  Cermati paragraf berikut!
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi tenggara mensurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti populasi kedua hewan dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling dikawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.

Identifikasikanlah kesalahan penggunaan ejaan pada paragraf tersebut yang meliputi kesalahan penulisaan kata depan dan huruf kapital dengan format seperti tabel berikut



Baca Juga
SHARE
Fendi
Selesaikan Apa yang sudah kamu mulai.. ~Marekno opo sg wis sampean lekasi (jawa)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar