EP0Ev1mS2LCYh8oLG2i1SwNllaQCNPsycvvd75zN
√ Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK Terbaru Tahun 2021

√ Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK Terbaru Tahun 2021

Centralpendidikan.com - Keseluruhan soal USBN bahasa indonesia SMK yang dibagikan pada artikel ini berasal dari arsip naskah soal USBN tahun 2019 kemarin. Dengan mengacu pada standar kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013.

Naskah soal yang pihak kami bagikan ini bisa kamu gunakan sebagai sumber pelajaran dan referensi dalam menghadapi ujian mendatang.

√ Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK Terbaru Tahun 2021


Diharapkan Soal USBN Bahasa Indonesia SMK Terbaru 2021 ini bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Selamat mengerjakan...

A. SOAL PILIHAN GANDA

1. Bacalah teks berikut!
Andrea Hirata lahir di Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung, pada tanggal 24 Oktober 1967. Ia merupakan novelis terkemuka di Indonesia, yang sangat terkenal dengan karya pertamanya yang berjudul Laskar Pelangi pada tahun 2005 dan pernah difilmkan pada tahun 2008. Andrea bersekolah SD Muhammadyah di kampungnya, Belitong. Dengan penuh perjuangan Andrea 
berhasil masuk ke Universitas Indonesia di Fakultas Ekonomi. Setelah lulus dari UI, Andrea kemudian mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk studi Master of Science di Universitas de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Pada tahun 1997, Andrea resmi menjadi pegawai PT Telkom. Namanya semakin melejit berkat novel Laskar Pelangi tersebut, hingga ia mendapatkan berbagai penghargaan seperti Khatulistiwa Literaly Award (KLA) pada tahun 2007, Aisyiyah Award, Paramadina Award, Netpac Critic Award, dan sebagainya.

Informasi tersurat dalam teks di atas adalah ...
A. Film Laskar Pelangi dibuat berdasarkan pengalaman pribadi sutradaranya.
B. Film Laskar Pelangi dibuat sebelum Andrea Hirata melanjutkan studi ke luar negeri.
C. Andrea Hirata mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk studi Master of Science di Universitas de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. D. Pada tahun 2008, Andrea Hirata berperan dalam film Laskar Pelangi.
E. Andrea Hirata mendapat penghargaan Khatulistiwa Literaly Award (KLA) pada tahun 2007 dari Universitas de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom.

2. Bacalah teks berikut!
Influenza merupakan virus yang sangat mematikan. Menurut data WHO, selama musim flu sekitar 500.000 orang di seluruh dunia meninggal akibat virus tersebut. Kadang-kadang, ketika virus flu baru muncul akan terjadi pandemi dan jumlah kematiannya lebih tinggi lagi. Pandemi flu yang paling mematikan di Antara pandemic flu lainnya disebut flu Spanyol. Flu Spanyol lebih berbahaya dibandingkan dengan jenis flu lainnya.

Makna istilah pandemi dalam paragraf tersebut adalah ….
A. wabah yang berjangkit serempak di mana-mana
B. penyakit yang berjangkit di suatu daerah
C. mikroorganisme penyebab dan penular penyakit
D. benih penyakit yang berkembang biak dengan kecepatan luar biasa
E. binatang yang sangat kecil yang menyebabkan penyakit

3. Bacalah paragraf berikut!
Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia menurut Charities Aid Foundation (CAF). Dalam laporannya tentang CAFWorld Giving Index per Oktober 2018, Indonesia menempati posisi teratas dari 144 negara yang disurvei oleh lembaga itu. Dalam indeks tersebut ada tiga poin penting penilaian, yaitu memberikan sumbangan kepada orang lain, mendonasikan uang, dan orang-orang yang suka menjadi relawan. Dari ketiga indikator tersebut, Indonesia masih memiliki proporsi tertinggi poin ketiga, yakni orang-orang yang menjadi sukarelawan.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A. Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia menurut Charities Aid Foundation (CAF). 
B. Indonesia memiliki proporsi tertinggi poin ketiga, yakni orang-orang yang menjadi sukarelawan.
C. Indonesia menempati posisi teratas dari 144 negara yang disurvei oleh lembaga Charities Aid Foundation (CAF).
D. Ada tiga poin penting penilaian yang dilakukan CAF, yaitu memberikan sumbangan kepada orang lain, mendonasikan uang, dan orang-orang yang suka menjadi relawan
E. Ada 144 negara yang disurvei oleh lembaga CAF adalah negara yang dermawan.

4. Bacalah teks berikut!
Kepolisian dan kejaksaan sedang berusaha keras untuk meningkatkan kinerja dalam pemberantasan korupsi. Upaya pimpinan dua lembaga tersebut untuk mengembalikan kepercayaan publik dalam penegakan hukum, terutama korupsi, belum membuahkan hasil yang maksimal. Publik masih belum yakin sepenuhnya jika kepolisian dan kejaksaan dapat memberantas korupsi dengan baik tanpa didasari kepentingan-kepentingan lain selain penegakan hukum. Saat dua lembaga penegak hukum itu belum maksimal dalam pemberantasan korupsi, harapan masyarakat ditujukan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK sebagai sebuah lembaga yang memiliki kewenangan yang luar biasa (super body).

Kesimpulan pertanyaan yang sesuai dengan inti teks di atas adalah ….
A. Apakah kepolisian, kejaksaan, dan KPK selama ini telah mencapai hasil yang maksimal dalam menuntaskan korupsi?
B. Mengapa upaya kepolisian dan kejaksaan untuk mengembalikan kepercayaan publik dalam penegakan hukum, terutama korupsi, belum membuahkan hasil yang maksimal?
C. Siapakah pihak yang seharusnya bertanggung jawab meberantas korupsi?
D. Mengapa publik masih belum yakin dengan upaya dan kerja keras kepolisian dan kejaksaan dalam masalah penegakan hukum, terutama masalah korupsi di Indonesia?
E. Mungkinkah masalah korupsi dapat diberantas di Negara Indonesia?

5. Cermati paragraf berikut!
Kita tak dapat mencegah bunga yang satu tumbuh berbeda dari bunga lainnya. Sama juga halnya seperti kultur. Kita tidak dapat mencegah kultur yang satu tumbuh berbeda dari kultur lainnya. Menyeragamkan kultur tidaklah mungkin, setidakmungkinnya seperti kita menyeragamkan tumbuhnya bunga-bunga. Itulah kearifan budaya yang diberikan oleh keanekaragaman alami zamrud khatulistiwa bumi Indonesia ini.

Maksud dari kalimat yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ... 
A. Pencegahan pertumbuhan kebudayaan saat ini sangatlah tidak mungkin. 
B. Perbedaan kebudayaan di Indonesia tidak dapat diseragamkan.
C. Pertumbuhan kebudayaan sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.
D. Perbedaan kebudayaan di Indonesia sama seperti tumbuhnya bunga-bunga. 
E. Pertumbuhan kebudayaan saat ini tidak dapat dicegah oleh siapa pun.

6. Cermati kedua kutipan berikut!
Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut adalah ...
A. Bahan pengawet melindungi hasil pertanian dari serangan bakteri, selain itu bahan pengawet juga digunakan untuk produk makanan dan hasil perkebunan.
B. Bahan pengawet dapat mempertahankan bahan makanan dari mikroba pembusuk dan menjaga kesegarannya, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada organ tubuh bagian dalam manusia.
C. Bahan pengawet berdampak positif pada makanan dan produk pertanian dan hasil perkebunan, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada seluruh organ tubuh manusia.
D. Bahan pengawet dapat mempertahankan kesegaran makanan dan hasil perkebunan, tetapi bahan pengawet dapat mengganggu stabilitas pertumbuhan organ tubuh manusia.
E. Bahan pengawet dapat menambah rasa pada sebagian besar produk makanan, akan tetapi bahan pengawet akan merusak sistem saraf otak manusia.

7. Bacalah kutipan teks berikut!
Ikan dan hasil laut Indonesia yang berlimpah dapat dijadikan andalan ekspor yang menghasilkan devisa negara. Ikan dan hasil laut Indonesia memiliki daya saing ekspor yang tinggi sekaligus dapat meningkatkan ketahanan ekonomi nasional. Oleh karena itu, pemerintah harus dapat mensinergikan semua dunia usaha dan masyarakat nelayan yang selama ini menggeluti bisnis di bidang perikanan dan kelautan.

Kalimat yang tepat untuk melanjutkan isi kutipan teks di atas adalah ….
A. Dengan demikian, ekspor ikan dan hasil laut Indonesia dapat menyejahterakan masyarakat Indonesia.
B. Usaha ini dapat dilakukan pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta untuk meningkatkan bisnis perikanan dan kelautan.
C. Dengan adanya sinergi antarpelaku dunia usaha kelautan, tingkat perekonomian dapat meningkat.
D. Tingkat perekonomian dapat meningkat jika ekspor ikan dan hasil laut Indonesia juga meningkat.
E. Pelaku dunia usaha kelautan hendaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah.

8. Bacalah kutipan teks berikut!
Banyak jasa ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air bersih, pengendalian erosi karena banjir, pengaturan iklim lokal, penyerapan karbon, perikanan air tawar atau keindahan alam pendukung industri pariwisata. Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia karena Kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya sebagai suatu kesatuan interaksi yang utuh.

Kerancuan makna yang terdapat pada kutipan teks di atas karena…
A. penulisan huruf kapital yang tidak tepat
B. penulisan istilah-istilah kesehatan yang sedikit
C. penggunaan kata kerja yang tidak sejajar pada kalimat
D. pengunaan kata hubung yang tidak tepat
E. penggunaan kata berimbuhan yang tidak tepat

9. Bacalah kutipan cerpen berikut!

”Baiklah, laki-laki pemanggul goni, kalau kau tak sudi naik dan sembahyang bersama saya, tunggulah saya di bawah. Saya akan sembahyang dulu. Sejak saya masih kecil sampai dengan saatnya ibu saya akan meninggal, ibu saya selalu mengingatkan saya untuk sembahyang dengan teratur lima kali sehari. Dan kalau perlu, enam kali sehari, tambahan sekali setelah saya bangun lewat tengah malam dan akan tidur lagi. Itulah sembahyang tahajud. Dan kamu selalu mengawasi saya, seolah-olah kamu tidak tahu apa yang patut aku lakukan dan apa yang tidak patut aku lakukan.”
Laki-laki Pemanggul Goni, Budi Darma

Isi yang tersurat dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Anak-anak harus diawasi orang tuanya.
B. Orang tua harus mengingatkan anaknya untuk sembahyang. 
C. Sembahyang harus dilakukan secara teratur.
D. Seseorang harus mengawasi orang lain apabila belum mengenalnya. 
E. Sembahyang harus dilakukan dengan orang yang dikenal.

10. Bacalah kutipan novel berikut!
Cerita yang diangkat Negeri 5 Menara (N5M) sebenarnya sederhana dan jamak ditemui. Kisah seorang anak (Alif) yang harus merantau dari tanah Minangkabau ke Jawa (Ponorogo) untuk meneruskan sekolah di Pondok Madani. Di sana ia berkawan karib dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung, dan Baso dari Gowa. Keenamnya kemudian dijuluki sahibul menara karena kebiasaan mereka yang sering berkumpul di bawah menara masjid sambil menung gu azan maghrib. Saat berkumpul itulah setiap anak berbagi mimpi dan harapan.

Makna kata yang bercetak miring pada kutipan cerpen di atas adalah….
A. orang yang memiliki
B. orang yang menguasai
C. orang yang jujur
D. orang yang terpelajar
E. orang yang memimpin

11. Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Aku sendiri tidak mampu merumuskan, apakah aku kalah atau menang sebagaimana istriku juga tidak menimbulkan kesan,bahwa dia menang atau kalah dalam peperangan yang disulut dalam rumah tangganya, rumah tanggaku, rumah tang ga kami. Aku pasrah dan kepasrahanku memang tindak lanjut dari permintaanku terhadap takdir. Biarpun tidak mutlak demikian, akan tetapi aku belum menemukan jalan kecuali pasrah. Aku pasrah menerima keadaan, biarpun aku belum ingin berhenti menghadang dan menantang nasib.

(Aku, Keluargaku, Tetang gaku, Darman Mur ni)

Watak tokoh aku dalam kutipan tersebut adalah …. 
A. teliti
B. mengalah
C. penakut 
D. berani 
E. sabar

12. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!

Kutipan 1
Ada banyak Banun di perkampungan lereng bukit yang sejak dulu tanahnya subur hingga tersohor sebagai daerah penghasil padi kualitas nomor satu. Pertama, Banun dukun patah tulang yang dangau usangnya kerap didatangi laki-laki pekerja keras bila pinggang atau pangkal lengannya terkilir akibat terlampau bergairah mencangkul. Disebut-sebut, kemampuan turun temurun ini tak hanya ampuh mengobati patah tulang.

Kutipan 2
Begitulah pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa hambar, sehambar gulai kambing dan gulai rebung karena bumbu-bumbu tak diracik oleh tangan dingin lelaki itu. Makaji tidak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di lareh panjang.

Persamaan isi kedua kutipan cerpen di atas adalah...
A. Menceritakan seseorang yang menjadi bahan perbincangan di lingkungannya. 
B. Banyak tokoh sebagai orang seperti banun dan juru masak.
C. Pekerjaan kedua tokoh cerita sangat berat.
D. Hasil pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan. 
E. Latar kedua cerita berada di keluarga kaya.

13. Bacalah kutipan cerita pendek berikut!
(1) Bapak bangkit berdiri.(2) Disepaknya batu asahan hitam yang ada di ujung kakinya. (3) Batu menggelosor, berhenti lima langkah di depan Bapak setelah menabrak akar pohon mangga yang mencuat dari dalam tanah. (4) Bapak melangkah garang. (5) Matanya tajam menatap sekeliling halaman. (6) Sinar matahari pagi yang hangat seakan berubah redup, tak sanggup menandingi sorot mata Bapak yang memendam amarah.

Sumber: Bagus S. Pramudya dalam “Dendam Bapa”

Watak Bapak yang emosional dibuktikan pada kalimat nomor.... 
A. 1,2,3
B. 2,3,4
C. 2,5,6
D. 3,4,5
E. 4,5,6

14. Bacalah Kutipan novel berikut!
Ibuku memang tidak suka membiarkan anak-anaknya ke sungai setelah matahari surut ke barat. Macam-macam yang dikhawatirkannya. Katanya, dengan perginya matahari, berbagai kekuatan jahat yang tidak terlihat oleh manusia, keluar berkeliaran mencari mangsa. Apalagi tempat-tempat yang berair, biasanya lebih angker dan seram.

( Sebuah Lorong di Kotaku, NH Dini)
Keterkaitan isi kutipan novel di atas dengan kehidupan sehari-hari adalah... 
A. Ibu yang mengkhawatirkan anak-anaknya.
B. Ibu yang melarang anaknya untuk bermain. 
C. Kepercayaan masyarakat terhadap mitos.
D. Ibu yang tidak membebaskan anaknya bergaul.
E. Larangan kepada anak-anaknya untuk bermain setelah matahari terbenam.

15. Bacalah kutipan cerpen!
“Halo, Nurul!?” sapa temanku.
“Halo juga. Bagaimana kabarmu?” jawabku.
”Kabarku baik. Kamu?” “Aku baik juga.”
“Nurul, di SMA 4 akan diadakan lomba baca geguritan,” kata temanku. 
“Kalau ada lomba memangnya ada apa?”jawabku singkat...

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Cerpen-cerpen yang dikembangkan dengan model monolog seperti ini tidak berhasil dalam mengembangkan tahapan konflik.
B. Dialog pada cerpen ini terlalu bertele-tele sehingga pengembangan dialog dalam cerita akan kehilangan fungsinya
C. Penulis gagal memanfaatkan monolog dalam cerpen menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan cerita.
D. Monolog pada cerpen ini tampak lebih hidup daripada sekadar dideskripsikan.
E. Tidak semua dialog menjadikan sebuah cerita lebih hidup, bergantung pada penyampaian.

16. Cermati paragraf berikut!

Peta gempa nasional idealnya terus dimutakhirkan seiring dengan adanya penemuan baru, kebaruan metodologi, serta teknik perhitungan. Dari data penambahan sumber-sumber gempa ini, pada akhirnya akan dibuat peta gempa nasional. Revisi data sumber gempa ini akan menjadi dasar perhitungan bagi penentuan Standar Nasional Indonesia untuk kekuatan … bangunan atau infrastruktur.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah .... 
A. material
B. kontrol
C. mobilitas
D. modifikasi
E. konstruksi

17. Bacalah teks berikut.
Kita cermati berbagai sisi dan . . . lain dari pengalaman baru itu. Di antaranya agar masyarakat dan pemerintah, termasuk pemimpin masyarakat, menangkap dan memahami perubahan dan pengaruh kehadiran . . . informasi. Pemerintah dan masyarakat tak bisa bersikap lain, kecuali menangkap perubahan serta pengaruh yang hadir serta berperannya aneka macam teknologi dan . . . baru itu.,

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah . . .
A. dimensi, tekhnologi, komunikasi 
B. dimensi, teknologi, komunikasi 
C. dimensi,tehnologi, komunikasi
D. dimension, teknologi, komunikasi
E. dimensi, teknologi, komunikation

18. Cermati teks negosiasi berikut!
Wali kelas : “Anto, bagaimana rencana studi wisata ke Tanjung Bira, apakah semua temanmu setuju?”
Ketua kelas : “Saya sudah berbicara dengan teman-teman, Bu. Mereka ingin studi wisata ke
Pantai Marina saja Bu.”
Wali kelas : “Wah kenapa bisa begitu?”
Ketua kelas : “Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana, Bu
sedangkan Pantai Marina belum pernah sama sekali.”
Wali kelas : “Bagaimana ya, Ibu sudah membicarakannya dengan kepala sekolah. Beliau setuju.”
Ketua kelas : “Tapi kalau ke Tanjung Bira, teman-teman banyak yang tidak ikut.”
Wali kelas : “Anto, Ibu sudah mempersiapkan semuanya.”
Ketua kelas : “…”
Wali kelas : “Baiklah kalau begitu, laporkan ke ibu hasilnya.”
Ketua kelas : “Baik, Bu.”
Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Ibu tidak usah susah-susah menghadapi persoalan ini biar kami yang menyelesaikan persoalan ini.
B. Kalau begitu kita laporkan saja masalah ini kepada kepala sekolah biar kapok mereka pasti ada penghasutnya, Bu.
C. Begini saja Bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan rencana ini.
D. Bu, teman-teman itu tidak mengerti kondisi kita sebagai panitia dan kesulitan Ibu, mereka mau enaknya sendiri.
E. Bu, serahkan saja kepada saya soal mereka tidak setuju ke Tanjung Bira. Mereka nggak ada perasaan, memang mudah ngelolanya.

19. Bacalah kutipan teks prosedur di bawah ini!
(1) Kemudian angkat dan sajikan mi di atas piring saji. 
(2) Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.
(3) Berilah taburan bawang goreng dan hias dengan potongan timun dan tomat.
(4) Angkat mi tersebut dan tiriskan.
(5) Masukkan tauge dan sawi, aduk-aduk hingga layu. 
(6) Masukkkan mi dan telur orak-arik, aduk hingga rata.
(7) Rebus sebentar mi goreng dalam air mendidih yang sudah dicampur dengan minyak.
(8) Tuangkan kecap, garam. merica, aduk hingga rata. Masak hingga semua bahan matang. Urutan langkah membuat mi goreng adalah ....
A. 7-4-2-5-6-8-1-3
B. 5-2-1-4-7-8-6-3
C. 5-1-4-2-3-7-8-6
D. 7-3-1-6-8-2-5-4
E. 7-1-4-2-3-6-8-5


20. Cermatilah paragraf berikut ini dengan saksama!
Kita cermati berbagai sisi dan . . . lain dari pengalaman baru itu. Di antaranya agar masyarakat dan pemerintah, termasuk pemimpin masyarakat, menangkap dan memahami perubahan dan pengaruh kehadiran . . . informasi. Pemerintah dan masyarakat tak bisa bersikap lain, kecuali menangkap perubahan serta pengaruh yang hadir serta berperannya aneka macam teknologi dan . . . baru itu.

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf di atas adalah . . .
A. dimensi, tekhnologi, komunikasi
B. dimensi, tehnologi, komunikasi
C. dimension, teknologi, komunikasi
D. dimensi, teknologi, komunikasi
E. dimensi, teknologi, komunikation

21. Cermati paragraf (tesis) dan kalimat-kalimat argumentasi berikut!
Tesis
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kalimat-kalimat argumentasi
(1) Lidah buaya mempunyai efek antibakteri dan antijamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat karena memiliki aktioksidan yang kuat, mengangkat radikal bebas, dan melindungi tubuh.
(2) Daun lidah buaya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, bagian samping bergerigi, dan mempunyai bintik-bintik.
(3) Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya menurunkan kadar gula.
(4) Biasanya tanaman ini ditanam di dalam pot atau pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.
(5) Daun lidah buaya mengandung air, oleh sebab itu tanaman ini dapat bertahan hidup di tempat yang memiliki suhu panas.
Kalimat argumentasi yang dapat mendukung tesis tersebut adalah ....
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3) 
C. (2) dan (3) 
D. (3) dan (4) 
E. (4) dan (5)

22. Cermati kalimat tanya berikut!
Sudahkah Anda menggunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil?
Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya tersebut adalah ... 
A. Gunakanlah sabuk pengaman saat Anda mengendarai mobil!
B. Pakai sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil!
C. Ikatlah sabuk pengaman ketika Anda mengendarai mobil!
D. Kencangkan sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil! 
E. Tariklah sabuk pengaman jika Anda mengendarai mobil!

23. Perhatikan teks berikut ini!
Budi anak dari keluarga kaya. Ia pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja. Sikap Budi tersebut membuat teman-temannya suka padanya. Budi memang anak yang . . . .

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks di atas adalah . . . . 
A. besar hati
B. besar kepala
C. hati emas
D. rendah hati
E. ringan tangan

24. Cermatilah penggalan cerita berikut ini!
Kata-kata si pegawai itu memberondong cepat bagai peluru yang mendesing memerahkan daun telinga laki-laki kurus itu. Biji mata laki-laki itu melotot berputar-putar seolah-olah . . .

Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi teks cerita di atas adalah . . . 
A. hendak menatap anaknya dengan kasih sayang
B. mati memalingkan pemandangan bagiku
C. mati melihat seseorang dengan jelas
D. hendak mengawasi gerakan temannya
E. hendak melompat keluar dari kedua matanya

25. Cermati dialog berikut!
Jemy : “Bagaimana latihan kemarin?”
Delia : “Cukup melelahkan, terutama untuk penjiwaan lagu.” Jemy : “Lho, mengapa? Ada masalah?”
Delia : “...”
Jemy : “Oh, memang begitu, pertama, tetapi kamu dapat mengatasi, bukan?” Delia : “Alhamdulillah saya dapat mengatasinya.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah...
A. Aku sendiri juga bingung, padahal aku sehat-sehat saja, keluargaku juga sehat. 

B. Tidak apa-apa hanya sedikit gugup, karena ini konser tunggal pertamaku
C. Entahlah, perasaanku tidak enak sejak pertama kali latihan. Ada apa, ya? 

D. Nah, itu dia. Mungkin karena aku sudah lupa lirik beberapa lagu.
E. Barangkali aku kurang percaya diri. Aku pelupa sekarang.

26. Bacalah penggalan cerita berikut!
Setibanya di kelas Fery dan Bayu langsung mencari orang yang akan dicontek. Setelah beberapa kali mencari ternyata tidak ada satu orang pun yang sudah selesai mengerjakan PR fisika. “Apa di sini suadah ada yang selesai mengerjakan PR fisika?” bentak Bayu, “Belummm...” jawab serentak semua orang yang ada di kelas sambil tertawa kecil. “Haduehhh...” balas Bayu sambil memegang dahi. “Tunggu, ngomong-ngomong Renal belum datang kan?” tanya Seno, “Oh iya benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan” balas Fery. Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang.

Dialog drama yang tepat berdasarkan penggalan cerita tersebut adalah...
A. Bayu : “Apa di sini sudah ada yang selesai mengerjakan PR fisika?
Semua Murid : “Belumm...” (tertawa kecil)
Bayu : “Hadeuhh...” (memegang dahi)
Seno : “Tunggu, ngomong-ngomong Renal belum dateng kan?”
Fery : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan.”
(Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang)

B. Bayu : “Apa di sini sudah ada yang selesai mengerjakan PR fisika?
Semua Murid : “Belumm...”
Bayu : “Hadeuhh...” (memegang dahi)
Seno : “Tunggu, ngomong-ngomong Renal belum datang kan?”
Fery : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan.”

C. Bayu : “Apa di sini sudah ada yang selesai mengerjakan PR fisika?
Semua Murid : “Belumm...” (tertawa kecil)
Bayu : “Hadeuhh...”
Seno : “Tunggu, ngomong-ngomong Renal belum datang kan?”
Fery : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan.”
(Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang)

D. Setibanya di kelas, Fery dan Bayu mencari orang yang akan dicontek.
Bayu : “Apa di sini sudah ada yang selesai mengerjakan PR fisika?
Semua Murid : “Belumm...”
Bayu : “Hadeuhh...”
Seno : “Tunggu, ngomong-ngomong Renal belum datang kan?”
Fery : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan.”

E. Setibanya di kelas, Fery dan Bayu mencari orang yang akan dicontek.
Bayu : “Apa di sini sudah ada yang selesai mengerjakan PR fisika?
Semua Murid : “Belumm...” (tertawa kecil)
Bayu : “Hadeuhh...” (memegang dahi)
Seno : “Tunggu, ngomong-ngomong Renal belum datang kan?”
Fery : “Oh iya, benar juga, semoga saja dia sudah selesai mengerjakan.”
(Akhirnya mereka pun menunggu Renal datang)

27. Bacalah kutipan berikut!
Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri yang tua daripada menteri yang banyak itu. Maka ia pun berkata, “Maka segala menteri dan hulubalang itu pun tersenyum seraya berkata, “Jika sungguh tuan hamba bersaudarakan hamba sekalian ini, dengan tulus dan ikhlas, hendaklah tuan hamba katakan, jika apa sekalipun.” Setelah itu maka menteri tua itu pun berkatalah, katanya, “Bahwasannya hamba mendengar, tatkala hamba lagi kecil dahulu, perkataan mahrum yang tua itu; maka sabdanya, mahrum itu, “Adapun akan negeriku ini, jikalau tiada lagi rajanya, maka hendaklah dilepaskan gajah kesakitan itu, barang siapa yang berkenan kepadanya, ia itulah raja olehmu, supaya sentosa di dalam negeri ini.” Setelah didengar oleh sekalian menteri dan hulubalang itu akan kata menteri itu, maka sekaliannya pun berkenanlah di dalam hatinya kata itu.

Ciri umum hikayat berupa kemustahilan dalam kutipan tersebut adalah... 

A. Raja yang turun tangan dalam memilih penggantinya.
B. Pemilahan raja ditentukan oleh seekor gajah.
C. Ketidaksentosaan dalam sebuah negeri yang dipimpin raja yang baik. 

D. Keberatan raja yang menyerahkan gajah saktinya kepada menteri.
E. Sebuah negeri yang dipimpin oleh seekor gajah.

28. Bacalah teks berikut!
Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.
Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

Struktur teks prosedur tersebut adalah…
A. latar belakang
B. tujuan
C. langkah-langkah
D. kesimpulan
E. saran-saran

29. Bacalah teks berikut dengan seksama!
Berdasarkan hasil wawancara dengan 50 orang pelajar diperoleh data sebagai berikut, (1) 0,5% pelajar tahu akan keberadaan museum dan pernah mengunjunginya, (2) 55% tahu akan keberadaan museum tetapi tidak pernah mengunjunginya, (3) 44,2% tidak tahu akan keberadaan museum, (4) 0,3% acuh tak acuh akan keberadaan museum.

Berdasarkan hasil wawancara dengan 20 orang guru di Kabupaten Grobogan diperoleh data sebagai berikut, (1) 65% guru tahu akan keberadaan museum dan pernah ke sana, (2) 30% guru tahu akan keberadaan museum tetapi tidak pernah mengunjungi, (3) 5% guru tidak tahu akan keberadaan museum.

Teks tersebut termasuk dalam jenis teks …. 

A. laporan hasil observasi
B. eksposisi
C. eksposisi definisi
D. eksplanasi
E. prosedur kompleks

30. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Masinis melihat ada tanda merah dikibas-kibaskan dari jauh, masinis kereta itu langsung kaget dan reflek menginjak rem dengan kerasnya.
2. Pembeli terakhirnya tepat berada di sisi rel kereta.

3. Pertanyaan Masinis, “Ada apa, Pak?
4. Tanpa menunggu lama, sang masinis turun lalu memukuli tukang kupat tahu.
5. Pada suatu hari, seperti biasa ada tukang kupat tahu yang berdagang di SMP 4 Tasikmalaya mulai pagi hingga siang. Ketika jam menunjukkan 12 siang, pedagang tersebut biasanya menyusuri rel kereta untuk mengambil jalan pintas menuju lokasi untuk berdagang selanjutnya, yaitu Pasar Pancasila.

Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks anekdot yang terstruktur adalah.... 

A. 2, 1, 3, 4, 5
B. 5, 2, 3, 1, 4
C. 2, 5, 1, 3, 4
D. 5, 2, 1, 3, 4
E. 2, 3, 1, 5, 4

31. Cermati kedua kutipan berikut!

Teks 1
Salju merupakan salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin tiba. Salju menjadi apik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya muncul secara alami di wilayah beriklim subtropis, yaitu yang memiliki empat musim. Salju juga dapat ditemukan di tempat-tempat tertinggi, seperti di Puncak Gunung Jayawijaya, Papua.

Teks 2
Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh ke bumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan air di dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada di atasnya. Ketidakseimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut, ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar sehingga terjadi tsunami.

Perbedaan pola penyajian (struktur teks) yang sesuai dengan kedua kutipan tersebut adalah bagian ....



32. Bacalah teks berikut!

Metode mengajar yang digunakan para guru dalam novel Negara 5Menara ini bisa menjadi referensi para guru dalam mendidik siswa-siswinya, bahwa menjadi pendidik tidak otomatis berhenti ketika bel pulang sekolah dipukul dan ruang kelas ditutup.

Membicarakan novel fiksi yang ditulis berdasarkan kisah nyata dan yang terencana akan dibuat trilogi ini memang tidak ada habisnya. Novel yang bisa membawa pembacanya menangis terharu dan tertawa terbahak-bahak karena humor-humor ala pondok yang khas ini, mengajak

Anda berani bermimpi dan memperjuangkannya.

Teks tersebut dapat diklasifikasikan resensi karena....
A. mengungkapkan isi cerita Negeri 5 Menara lengkap dengan tokoh dan gaya bahasanya
B. mengisahkan harapan dan impian para tokoh cerita yang berkumpul di bawah menara masjid
C. menceritakan perbedaan budaya Minangkabau dan jawa serta suka duka di perantauan
D. memberi informasi bahwa novel Negeri 5 Menara merupakan trilogi
E. karena memberi penilaian terhadap isi dan penilaian atas keunggulan novel

33. Cermatilah teks berikut!
Media sosial adalah saluran untuk bergaul yang dilakukan dengan internet. Pemakainya dapat mudah mengirim pesan, membagikan berita dan melaporkan kegiatannya kepada pengguna lain.
Perkembangan teknologi yang pesat inilah penyebabnya. Saat ini media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi anak kecil hingga dewasa. Indonesia adalah salah satu pengguna internet terbanyak di dunia.

Bukti bahwa teks eksplanasi di atas tidak lengkap, karena tidak terdapat bagian…pada strukturnya. 

A. pernyataan umum
B. sebab-akibat
C. penutup
D. urutan peristiwa
E. orientasi

34. Cermatilah paragraf berikut!
Manager perusahaan multiproduk itu berasal dari kalangan elit. Dalam mengelola perusahaan, ia selalu menggunakan sistim kontrak.

Identifikasi kata baku yang tepat untuk kata bercetak miring dalam paragraf di atas….
A. manajer, elit, sistem
B. manadjer, elit, sistem
C. managemen, elite, sistem
D. manajer,elite, sistem
E. managemen, elit, sistem.

35. Cermatilah penggalan cerpen berikut!
1) Sebelum peristiwa tsunami melanda Pantai Pangandaran, banyak wisatawan berkunjung ke sana. (2) Pantai Pangandaran terkenal keindahannya. (3) Pohon kelapa menghijau di pinggir pantai. (4) Ombak berkejar-kejaran di tengah laut. (5) Ikan-ikan berenang dengan bebas mencari makanan.

Identifikasi kalimat yang menggunakan majas personafikasi pada penggalan cerpen di atas terdapat pada kalimat nomor…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

36. Cermati kedua teks berikut!

Teks 1
Banjir tidak mungkin datang begitu saja tanpa penyebab. Terjadinya banjir setidaknya disebabkan oleh dua faktor. Faktor yang memengaruhinya, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam dapat berupa curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan daerah terletak pada cekungan, sehingga jalan keluar air jadi sempit. Kecerobohan manusia, seperti membuang sampah sembarangan dan penebangan hutan secara liar, merupakan faktor manusia yang dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Teks 2
Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh kebumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada diatasnya. Ketidak seimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut yang ketika sampai dipantai menjadi gelombang besar, sehingga terjadi tsunami.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah .


37. Cermatilah penggalan teks berikut!
(1) Batu permata adalah sebuah mineral batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia dan mempunyai harga jual tinggi. (2) Permata tersebut sangat cocok dijadikan batu cincin maupun cincin berlian. (3) Sebuah batu dapat disebut sebagai permata apabila memenuhi beberapa syarat, antara lain memiliki ketahanan, keindahan, dan kelangkaan. (4) Indonesia memiliki banyak daerah penghasil batu permata. (5) Pada dasarnya batu permata harus dilewati tahap pemolesan sebelum perhiasan dijadikan.

Simpulan kesalahan kalimat nomor (5) di atas adalah…. 

A. kata pada dihilangkan
B. kata pemolesan seharusnya memoles
C. kata sebelum seharusnya setelah
D. kata dijadikan seharusnya menjadi
E. kata dilewati seharusnya melewati

38. Cermatilah kalimat berikut!..
Politik kerjasama bidang politik antara Indonesia dan Jepang dilakukan dengan saling menempatkan perwakilan diplomatik.

Simpulan Kalimat tersebut menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia yang salah karena….
A. kata kerjasama seharusnya ditulis kerja sama
B. Indonesia Jepang seharusnya seharusnya menggunakan tanda hubung (-)
C. kata antara seharusnya diganti dengan dengan antar, sebelum kata Indonesia menggunakan tanda hubung (-)
D. setelah kata Jepang seharusnya menggunakan tanda koma (,)
E. sebelum kata antara dan sesudah kata Jepang seharusnya menggunakan tanda koma (,)

39. Cermati paragraf berikut!
Kita tidak boleh langsung mempercayai berita-berita yang beredar saat ini. Mungkin saja berita itu tidak benar yang akhirnya akan mengganggu ketenangan kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mencek kebenaran berita tersebut agar kita tidak terjebak keburukan- keburukan yang lebih jauh lagi.

Perbaikan kata berimbuhan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. mempercayai, memcek
B. memercayai, mengcek
C. memercayai, mengecek 

D. menpercayai, mengcek 
E. memercayai, mecek

40. Cermati paragraf berikut!
(1) Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. (2) Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker, sedangkan dampaknya tidak terlalu besar. (3) Teh juga dapat menguatkan tulang. (4) Teh dapat mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi, sehingga mencegah gigi berlubang. (5) Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga dapat melawan penyakit jantung.

Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kesalahan kalimat tersebut yang disertai alasannya adalah...
A. Kalimat (1), kata mempunyai seharusnya dipunyai karena dapat diikuti objek.
B. Kalimat (2), konjungsi sedangkan tidak tepat karena menyatakan klausa yang berlawanan seharusnya menggunakan konjungsi meskipun.
C. Kalimat (3), struktur pola kalimat tidak tepat karena kata berimbuhan me-selalu diikuti pelengkap.
D. Kalimat (4), penggunaan konjungsi sehingga tidak tepat seharusnya konjungsi dan karena klausanya sejajar.
E. Kalimat (5), kata seperti seharusnya diletakkan di awal kalimat karena kata tersebut menyatakan perbandingan.

B. SOAL URAIAN

41. Cermati teks anekdot berikut!
No. Paragraf
(1) Nasrudin berjalan di pasar sambil diikuti sekelompok pengikutnya.
(2) Apapun yang dilakukannya, para pengikutnya segera mengikuti. Setiap beberapa langkah, ia akan berhenti kemudian melambaikan tanyanya ke udara, menyentuh kakinya, dan melompat sambil berseru, ”Hu Hu Hu!” Pengikutnya juga berhenti dan melakukan persis sama seperti yang ia lakukan.
(3) Salah satu pedagang yang kenal dengan Nasrudin secara diam-diam bertanya kepadanya, ”Apa yang kamu lakukan, kawan lamaku? Mengapa orang-orang ini menirumu?” ”Aku menjadi Sheik Sufi,” jawabnya, ”Mereka ini adalah murid- muridku (pencari kebenaran spiritual). Aku menolong mereka untuk mencari pencerahan.”
(4) ”Bagaimana kamu tahu bilamana mereka telah mencapai pencerahan?” tanya si pedagang, ”Itu merupakan yang paling mudah!” jawab Nasrudin. ”Setiap pagi aku menghitung jumlah mereka.”
(5) Setiap orang yang tidak datang lagi mereka telah memperoleh pencerahan!
a. Siapakah partisipan utama dalam teks tersebut?
b. Tuliskan nomor paragraf yang terdapat kalimat sindiran pada teks tersebut!
c. Tuliskan nomor kalimat yang berupa abstraksi dari teks anekdot tersebut!
d. Apa yang dipikirkan Nasrudin mengacu pada bagian teks nomor (4)?

42. Judul: Dampak Gempa bagi Masyarakat Indonesia
A. Pendahuluan
1. Latar Belakang
………………………
2. Rumusan Masalah
………………………
3. Tujuan
………………………
Kembangkanlah kerangka proposal penelitian di atas sesuai dengan judul

43. Tulislah dua paragraf teks eksposisi tentang internet sebagai bisnis berdasarkan kerangka karangan di bawah ini!
Topik : Internet sebagai Bisnis
Kerangka : 

1. Pengertian internet sebagai bisnis
2. Peranan internet dalam dunia bisnis

44. Bacalah ilustrasi berikut!
Seorang siswa sedang menikmati libur akhir semester ganjil. Dia dan teman-temannya memilih mengisi waktu libur dengan pergi ke perkebunan teh dan menikmati keindahan perkebunan tersebut.

Tulislah sebuah puisi sesuai dengan ilustrasi di atas dengan memperhatikan hal-hal berikut!
a. Menggunakan diksi/ kata: daun teh, angin, hijau. 

b. Menggunakan minimal dua majas

45. Bacalah paragraf sebab-akibat berikut ini!
(1) Riko selalu jahil kepada teman-temannya. (2) Dia selalu berpenampilan tidak baik dengan celana yang sempit dan ketat. (3) Selain nakal, Riko juga memiliki tabiat yang buruk, yaitu dia selalu iri jika melihat temanya mendapatkan suatu kebahagiaan, dan begitu pun sebaliknya .(5) Riko pun suka berbohong. (6) Apa yang dikatakan olehnya tidak sesuai dengan kenyataanya. (7) Hal yang paling menjengkelkan adalah Riko senang sekali meminjam barang dan tidak pernah mengembalikannya. (8 )Salah satu korbannya adalah Dani. (9) Pensil Dani tidak pernah dikembalikan oleh Riko padahal dia telah berjanji untuk memberikannya kembali. (10) Akibat dari sifat dan perbuatannya itulah semua teman-teman Riko tidak menyukai dirinya.

(1) Tunjukkan bukti kesalahan yang terdapat pada paragraf di atas! (2) Perbaikilah paragraf tersebut menjadi paragraf yang padu!

Baca Juga
SHARE
Fendi
Selesaikan Apa yang sudah kamu mulai.. ~Marekno opo sg wis sampean lekasi (jawa)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar